Saturday, May 27, 2017

Dirut PLN minta waktu 2 tahun atasi krisis listrik

March 26, 2010 by  
Filed under BBG

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Dahlan Iskan optimistis kondisi krisis listrik yang terjadi saat ini bisa diatasi dalam jangka waktu 2 tahun kepemimpinannya, meski secara bertahap.

“Kami [PLN] tengah bekerja keras untuk mengatasi krisis listrik yang terjadi di Tanah Air. Kami hanya minta waktu dua tahun untuk membawa PLN bebas dari krisis listrik. Kalau ada yang menjanjikan bahwa krisis bisa diatasi dalam waktu satu tahun, saya siap menyerahkan jabatan ini [Dirut PLN] hari ini juga,” ujarnya di Kantor Pusat PLN, hari ini.

Menurut dia, perseroan telah melakukan beberapa upaya jangka pendek untuk mengatasi defisit listrik, a.l. mengoperasikan pembangkit listrik yang kekurangan pasokan gas dengan membakar bahan bakar minyak (BBM).

Sebenarnya, lanjut dia, dengan membakar BBM untuk pembangkit tentunya berdampak terhadap pembengkakan biaya operasional PLN.

“Kami juga tidak punya cara lain karena pasokan gas PLN memang tidak mencukupi. Padahal, kondisi byar pet itu harus sudah teratasi pada Juli ini dari rencana Oktober. Mau tidak mau dan suka tidak suka, PLN harus bakar BBM untuk menghasilkan listrik.”

Menurut dia, kenaikan penggunaan BBM tahun ini diperkirakan mencapai 6,6 juta kiloliter (KL), sedangkan ketetapan sebelumnya hanya 6,3 juta KL.

Selain itu, lanjutnya, BUMN listrik itu segera membuka tender pembangunan sekitar 150 unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) skala kecil dengan total kapasitas 700 MW yang tersebar di 70 lokasi di Indonesia.

Dia memaparkan pengembang listrik swasta (independent power producer/IPP) akan mengambil peran hingga 70% dalam proyek pembangunan PLTU skala kecil itu. Sementara sisanya, lanjut dia, hanya membangun 30% dari jumlah keseluruhan.

“Untuk jangka panjangnya, kami akan fokuskan pada pengurangan penggunaan BBM pembangkit sehingga bisa mengurangi beban subsidi pemerintah,” tutur Dahlan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.