Tuesday, May 30, 2017

Dirjen EBTKE: Dengan Menggunakan EBT Bisa Hemat Konsumsi Energi Hingga 30 Persen

November 2, 2010 by  
Filed under Alternatif

energiterbarukan.net- Penggunaan energi terbarukan dapat menghemat konsumsi energi 10 hingga 30
persen. Hal ini dikemukan oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Luluk Sumiarso beberapa waktu lalu.”Berdasarkan hasil studi yang telah dilakukan, penggunaan energi baru terbarukan dapat menghemat penggunaan energi 10-30 persen,”kata dia.

Image

Luluk menjelaskan, saat ini pertumbuhan permintaan energi di Indonesia terus mengalami peningkatan, bahkan dalam kurun waktu 10 tahun pertumbuhannya mencapai 7%, dimana sektor yang paling mempunyai andil besar dalam pertumbuhan ini yaitu sektor industri karena sektor ini merupakan konsumen utama energi.¬† “Pemenuhan kebutuhan energi ini hampir semuanya dipenuhi oleh bahan bakar fosil seperti minyak, gas dan batubara,”tuturnya.

Dia memaparkan, berdasarkan data 2009, permintaan energi secara keseluruhan minyak bumi masih
mendominasi dengan konsumsi sebesar 43 persen, batubara 34 persen, gas alam 19 persen sementara
untuk energi terbarukan seperti hydro dan geothermal baru 4 persen.”Kondisi ini membuat Pemerintah harus berkerja keras untuk untuk mengurangi ketergantungan pada minyak, salah satu cara ialah menggunakan energi terbarukan yang potensial seperti hydro (75 GW) dan geothermal (28 GW),”tandas dia.

Guna menekan permintaan energi yang sangat besar ini, lanjut Luluk, diperlukan peran serta seluruh
elemen masyarakat untuk melakukan hemat energi mengingat peluang tercapainya target untuk melakukan penghematan masih terbuka lebar jika pemanfaatan energi terbarukan  untuk seluruh sektor bisa dilakukan terutama untuk sektor rumah tangga, industri dan sektor transportasi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.