Tuesday, July 25, 2017

Di Asia, Harga Minyak Turun Lagi

March 17, 2010 by  
Filed under BBM

Harga minyak turun lagi di perdagangan Asia, Selasa (16/3/2010),  tertekan oleh penguatan dollar Amerika Serikat dan berlanjutnya kekhawatiran tentang permintaan di AS sebagai pengguna energi terbesar dunia.

Menurut analisis, kekhawatiran bahwa Beijing akan mengambil langkah untuk mendinginkan perekonomian China juga memukul sentimen.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman April berkurang 13 sen menjadi 79,67 dollar AS per barrel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April turun 21 sen menjadi 77,70 dollar AS.

“Harga tertekan oleh dollar AS yang lebih kuat dan kekhawatiran bahwa potensi pengetatan kredit di China mungkin akan membatasi permintaan energi konsumen minyak terbesar kedua di dunia,” kata analis dari United Overseas Bank Singapura.

Dollar AS telah menguat kembali dalam beberapa hari terakhir karena investor gugup tentang melemahnya pasar ekuitas global, berpaling kepada greenback. Mata uang AS dipandang sebagai aset yang aman di masa ketidakpastian investor.

Penguatan dollar AS cenderung mengurangi permintaan untuk minyak mentah yang dihargakan dalam mata uang AS karena menjadi lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lemah.

Harga minyak juga berkurang oleh data ekonomi terbaru dari Amerika Serikat, negara konsumen energi terbesar di dunia.

Produksi industri AS naik tipis 0,1 persen pada Februari, nyaris berhenti di tengah badai salju parah yang melumpuhkan sebagian besar kawasan dari Pantai Timur, berdasarkan data Federal Reserve, Senin.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.