Friday, March 24, 2017

Denmark ajak Indonesia kerja sama bidang energi

April 14, 2010 by  
Filed under Alternatif

Pemerintah Denmark kembali membidik hubungan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan program efisiensi dan pengembangan energi yang berkelanjutan di dalam negeri.

Duta Besar Denmark untuk Indonesia Borge Petersen mengungkapkan bentuk kerja sama tersebut tidak hanya antarpemerintahan saja, tetapi juga antarperusahaan swasta, terutama dalam hal transfer tehnologi.

“Saya berharap dalam beberapa tahun ini akan ada kerjasama lebih erat antaraperusahaan di kedua negara [Denmark dan Indonesia]. Mungkin dalam bentuk joint venture atau lainnya karena program seperti ini sudah berhasil dilakukan di beberapa negara, seperti Malaysia, Vietnam, dan lainnya” tuturnya, hari ini seusai Indonesian-Danish Sustainable Energy Seminar 2010.

Menurut dia, beberapa perusahaan Denmark yang bergerak di sektor energi sangat tertarik mengembangkan bisnis di Indonesia. Dia mengatakan saat ini ada sekitar tujuh perusahaan Denmark yang siap bekerja sama dengan perusahaan serupa di Indonesia. “Kami telah mengundang tujuh perusahaan di sektor energi untuk bertemu dengan ratusan perusahaan Indonesia, baik sektor swasta maupun publik.”

Ketujuh perusahaan tersebut, dia melanjutkan bergerak di bidang energi terbarukan, efisiensi produk, bangunan, instalasi, power pump, serta perusahaan-perusahaan yang memiliki pengalaman dalam meningkatkan penghematan dan efisiensi energi.

Dia memaparkan Denmark memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam pengelolaan manajemen energinya sehingga memiliki kemampuan melakukan efisiensi energi berdasarkan bauran energi. Bahkan, Denmark juga mampu menjaga konsumsi energinya dan meningkatkan pendapatan negara hingga 40% dengan program efisiensi tersebut.

“Kami sangat berharap Indonesia dan Denmark bisa saling bekerja sama meningkatkan efisiensi dan pemanfaatan energi berkelanjutan di Indonesia,” tuturnya enggan menyebutkan target investasi di Indonesia.

Menurut dia, bentuk kerja sama tersebut nantinya akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak swasta secara business to bussienss (b to b) karena pemerintah hanya memfasilitasinya. Di sisi lain, Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian ESDM Jacobus Purwono menyambut baik keinginan Pemerintah Denmark untuk bekerja sama meningkatkan efisiensi listrik di Indonesia.

“Mereka [Denmark] juga pernah melakukan kerja sama dengan Indonesia pada 2008. Mereka kerja sama dalam kaitan memberikan pemahaman kepada dunia usaha maupun masyarakat mengenai pentingnya efisiensi penggunaan energi,” ujarnya.

Selain kerja sama untuk menangani hal-hal yang bersifat demand side yang bertujuan merubah perilaku konsumen listrik, kata dia, Pemerintah Denmark juga berkeingan membantu Indonesia menemukan cara efisiensi mengurangi energi tanpa harus mengurangi kenyamanan pelanggan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.