Saturday, March 25, 2017

Darwin: Subsidi BBM berpotensi dekati Rp100 triliun

July 4, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Subsidi bahan bakar minyak bisa mendekati level Rp100 triliun atau sekitar 10% dari pagu APBN-P 2010 yang ditetapkan sebesar Rp89 triliun apabila pemerintah tidak melalukan mekanisme pendistribusian subsidi secara tepat sasaran melalui program pembatasan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh mengatakan dengan kuota 36,5 juta kiloliter BBM bersubsidi, nilai subsidi yang harus ditanggung APBN sebesar Rp89 triliun.

Menurut dia, dengan asumsi linier, proyeksi pembengkakan konsumsi BBM bersubsidi yang diperkirakan mencapai 40 juta kiloliter nilainya akan mendekati Rp100 triliun.

“Rp89 triliun itu ekuivalen 36,5 juta KL BBM. Kalau misalmya tidak dilakukan mekanisme-mekanisme pemberian subsidi yang tepat sasaran bisa tembus 40 juta KL. Itu sudah 10% kenaikannya. Kalau berfikir linier, dari Rp89 triliun subsidinya bisa mendekati Rp100 triliun,” paparnya hari ini.

Darwin mengatakan penambahan subsidi itu lebih besar dari total kebutuhan anggaran kementerian ESDM tahun ini yang hanya Rp7,8 triliun.

“Angka itu sangat berarti bagi upaya peningkatan sektor keenergian kita walaupun itu sebenarnya masih belum memadai.”

Hanya saja, Darwin mengatakan pemerintah sejauh ini belum memutuskan kapan program pembatasan konsumsi BBM bersubsidi dilakukan. “Saya belum lihat kemungkinan bisa dilaksanakan. Tetapi Dirjen Migas dan jajaran mengatakan September.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.