Tuesday, October 24, 2017

Darwin: Impor gas dimungkinkan

March 11, 2010 by  
Filed under BBG

Jakarta – Pemerintah menjajaki kemungkinan membuka keran impor gas untuk mengantisipasi terjadinya defisit di dalam negeri, terutama memenuhi kebutuhan pembangkit listrik dan pabrik pupuk.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan pilihan impor gas tersebut dimungkinkan untuk dilakukan, dengan catatan harga belinya juga bagus.

“Bila gas di dalam negeri kurang, kita memungkinkan melakukan impor. Itu tentunya bila harganya bagus. Yang jelas, defisit gas tidak boleh terjadi,” ujarnya, hari ini.

Menurut dia, pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengutamakan pemenuhan kebutuhan gas dalam negeri, terutama menjaga prioritas gas untuk energy security dan food Security.

Pemerintah, lanjutnya, juga menyediakan opsi lain untuk mengatasi defisit gas secara jangka pendek yaitu dengan memperketat peta supply (pasokan) dan demand (permintaan) gas.

Menurut Darwin, defisit gas yang terjadi saat ini dikarenakan keterikatan kontrak jual gas yang sudah berlangsung cukup lama meskipun adanya kontrak itu bukan sebuah kesalahan.

Di sisi lain, Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengungkapkan penyelesaian masalah defisit gas tersebut ditargetkan tuntas pada April tahun ini.

“Beberapa opsi untuk mengatasi defisit gas itu sedang diupayakan, tetapi saya belum bisa menyampaikannya karena masih terus dikaji. Yang jelas pasti ada penyelesaiannya,” ujarnya.

Menurut dia, beberapa opsi penyelesaian kondisi defisit gas dalam negeri tersebut masih menunggu respon dan keputusan Menteri ESDM, termasuk defisit gas di sektor industri yang mencapai 20%.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.