Saturday, July 22, 2017

Daftar Tunggu PLN Dapat Diatasi Seluruhnya Akhir 2011

October 22, 2010 by  
Filed under Alternatif

JAKARTA. Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjamu karyawan berprestasi dan manajemen PLN dan BRI di Istana Negara. Acara ini merupakan tindak lanjut dari undangan SBY kepada manajemen PLN yang pernah disampaikannya pada acara Deklarasi Gerakan Menuju Indonesia Bebas Pemadaman Bergilir, akhir Juli lalu di Mataram-NTB. Selain dihadiri oleh Dirut PLN Dahlan Iskan, jajaran Direksi dan Komisaris kedua BUMN tersebut, jamuan minum teh juga dihadiri oleh Menko Perekonomian, Menteri BUMN, Menteri ESDM, General Manager PLN dan karyawan berprestasi  se Indonesia, Kamis (14/10).

Undangan Presiden ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras PLN dalam mengatasi krisis daya yang terjadi di sejumlah daerah yang telah berlangsung selama beberapa tahun yang lalu.

Seluruh jajaran PLN di Indonesia telah bertekad untuk terus berjuang keras mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap PLN yang sudah terlanjur terpuruk, akibat krisis daya berkepanjangan di sejumlah daerah. Keberhasilan PLN membebaskan seluruh wilayah Indonesia dari pemadaman bergilir akibat krisis daya, merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat tersebut. Dalam laporannya Dahlan Iskan mengatakan bahwa beberapa hal yang menjadi sorotan masyarakat adalah krisis daya listrik, panjangnya daftar tunggu permintaan listrik dan efisiensi PLN. “Krisis daya telah diselesaikan akhir Juni lalu” katanya.¬† Akibat krisis daya yang berkepanjangan pada masa lalu,¬† PLN tidak mampu melayani secara maksimal permintaan sambungan baru dari masyarakat. Padahal salah satu tugas PLN adalah menyediakan sambungan listrik bagi masyarakat luas. Setidaknya, saat ini tidak kurang dari 2,5 juta calon pelanggan di seluruh Indonesia masih tercatat dalam daftar tunggu permohonan sambungan baru.

Kini setelah terpenuhinya pasokan daya dan tidak ada lagi krisis daya, maka PLN lebih punya kemampuan untuk memenuhi permintaan sambungan listrik masyarakat yang selama ini belum dapat dilayani secara maksimal. “Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut PLN giat menyelesaikan daftar tunggu. PLN telah mencanangkan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan pada tanggal 27 Oktober 2010 yang bertepatan dengan Hari Listrik Nasional” kata Dahlan.

Melalui gerakan ini PLN akan layani 1.000.000 daftar tunggu se – Indonesia. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh pegawai PLN se Indonesia yang akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan penyambungan dan penyalaan listrik bagi masyarakat.

Diharapkan dengan adanya Gerakan Sehari Sejuta Sambungan ini, PLN mampu memperbaiki kepercayaan dan persepsi masyarakat atas pelayanan penyambungan baru dari yang sebelumnya begitu terpuruk dengan stempel sulit, berbelit-belit dan banyak pungutan liar menjadi pelayanan sambungan baru yang lebih mudah, cepat dan bebas pungutan liar.

Ditargetkan, akhir 2011 daftar tunggu ini dapat diatasi seluruhnya, sejalan dengan semakin bertambahnya pasokan listrik.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.