Tuesday, October 24, 2017

CNOOC akan tandatangan kontrak LNG terbesar Australia

March 25, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

China National Offshore Oil Corp (CNOOC) akan membeli gas alam cair dari BG Group Plc dalam kesepakatan LNG terbesar Australia hari ini, ungkap Australian Financial Review mengutip sumber.

Rencananya, kesepakatan itu akan ditandatangani pada pukul 4 p.m waktu setemapt di Beijing, kata sumber yang menolak diungkap identitasnya karena kontrak tersebut belum diumumkan. Menteri Sumber Daya Australia Martin Ferguson rencananya akan menghadiri acara tersebut.

Pada Mei lalu, perusahaan ini telah mengumumkan kesepakatan awal untuk pasokan sebanyak 3,6 juta metric ton LNG per tahun dari proyek Curtis milik BG Group Plc untuk jangka waktu 20 tahun lebih.

Nik Burns, analis RBS Morgans di Melbourne dalam wawancaranya dengan Bloomberg TV hari ini mengatakan, ”Nilai bruto kontrak tersebut diperkirakan mencapai US$70 miliar, yang menjadikannya sebagai kesepakatan LNG terbesar di Australia.”

Transaksi ini diperkirakan akan melebihi nilai kontrak Gorgon milik Exxon Mobil Corp yang tahun lalu diteken dengan PetroChina Co China, pengguna energi terbesar kedua di dunia, senilai Aus$50 miliar (US$46 miliar), yang bertujuan untuk melipattigakan pemakaian gas pembakaran bersih menjadi sekitar 10% dari konsumsi energi pada 2020, guna mengurangi ketergantungan terhadap batu bara yang lebih berpolusi.

Presiden China National Offshare Fu Chengyu pada 14 Maret lalu mengatakan bahwa perusahaan itu akan meneken sekitar tiga kontrak pembelian LNG tahun ini.

Perusahaan yang berbasis di Beijing itu mengelola tiga terminal LNG di Guangzhou, Fujian, dan Shanghai, dan kini tengah membangun yang keempat di Zhejiang, ungkap situs Web perusahaan itu.

Dalam dua tahun terakhir ini sejumlah perusahaa China telah menghabiskan setidaknya US$13 miliar untuk aksi akuisisi di bidang energi.

Minggu ini saja, Royal Dutch Shell Plc dan PetroChina sepakat untuk mengakuisisi Arrow Energy Ltd setelah meningkatkan tawaran mereka menjadi Aus$3,5 miliar, menandai masuknya China ke dalam industri gas metana batu bara (coal-seam gas) Australia.

Kesepakatan PetroChina dengan Exxon Agustus lalu untuk membeli 2,25 juta ton LNG per tahun selama 20 tahun lebih dari proyek Gorgon di Australia Barat yang dikelola Chevron Corp, nilainya diperkirakan oleh pemerintah Australia sekitar Aus$50 miliar.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.