Friday, January 20, 2017

Cibaliung Sumberdaya ajukan izin usaha tambang

May 26, 2010 by  
Filed under Tambang

PT Cibaliung Sumberdaya, anak perusahaan PT Antam (Persero) Tbk berencana untuk mengajukan izin usaha pertambangan baru di sekitar tambang emas Cibaliung yang diharapkan bisa memperpanjang masa tambang di kawasan tersebut.

Direktur Keuangan Cibaliung Sumberdaya S. Eko Saputro mengatakan perusahaan saat ini melihat ada potensi penambahan masa tambang di tambang emas Cibaliung yang sudah ada.

Untuk memastikan hal itu, katanya, Cibaliung Sumberdaya kini melakukan kajian-kajian atas hasil eksplorasi potensi tersebut.

“Sekarang masih dikerjasamakan dengan Geomin. Belum bisa disampaikan berapa tambahan masa tambangnya, tetapi hasil eksplorasi yang dilakukan menunjukkan ada indikasi positif bahwa potensi itu [penambahan masa tambang] ada,” jelasnya hari ini.

Dirut Antam Alwinsyah Lubis mengatakan melalui Cibaliun Sumberdaya perusahaan memang akan terus meningkatkan kegiatan eksplorasi di wilayah sekitar tambang yang sudah ada saat ini.

Eksplorasi tersebut, katanya, ditujukan untuk menambah masa tambang yang berdasarkan cadangan yang ada kini hanya cukup untuk enam tahun produksi.

“Kami akan melakukan eksplorasi tambahan sehingga menambah masa tambang dari saat ini yang hanya 6 tahun,” katanya.

Sementara itu, Eko mengatakan di masa mendatang Cibaliung Sumberdaya akan melakukan perluasan wilayah izin usaha pertambangan dengan mengajukan IUP eksplorasi baru.

Izin tersebut, katanya, akan diajukan sekitar 2 tahun sebelum masa tambang IUP Cibaliung habis. “Kalau potensi yang ada itu menerus dari tunnel yang ada, bisa lebih cepat dari itu. Dua tahun itu asumsinya jika potensi yang ada tidak menerus,” jelasnya.

Saat ini, katanya, wilayah IUP Cibaliung seluas 1.340 hektar. Eko tidak menyebutkan berapa luas lahan yang diinginkan perusahaan. “Tetapi dulu kami sudah mengajukan izin KP seluas 6.000 hektare. Tetapi kami hentikan karena fokus dulu ke Cibaliung.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.