Tuesday, January 17, 2017

Chubu Electric dapatkan kepastian pasokan gas

March 9, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Chubu Electric Power Company, perusahaan listrik konsumen gas Jepang, mendapatkan kepastian pasokan gas sebanyak 2,5 juta ton dalam lima tahun pascapenandatanganan gas sales agreement (GSA).

Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi R. Priyono mengatakan gas yang akan dipasok berasal dari proyek Tangguh, yang merupakan diversion Sempra Energy. Menurut dia, kontrak gas Tangguh untuk Chubu itu hanya bersifat sementara sambil menunggu kesiapan infrastruktur penerima gas (floating storage and regasification terminal) LNG yang akan dibangun di Jawa dan Belawan, Medan.

“[Gas untuk Chubu] berasal dari diversion Tangguh. Sifatnya sementara, jangka pendek sambil menunggu kesiapan infrastruktur penerima gas [FSRT] di Jawa dan Belawan,” katanya kepada Bisnis.com, Minggu malam.

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Perwakilan BP Migas Amir Hamzah menambahkan jangka waktu kontrak akan berlangsung dari 2011 hingga 2015. Volume gas yang akan dikirim, tuturnya, terbagi menjadi dua tahapan.

“Untuk jangka waktu kontrak 2011-2012 volumenya 0,25 juta ton per tahun dan 2013-2015 sebesar 0,5 juta ton per tahun,” katanya.

Keduanya tidak menjelaskan secara detil siapa perusahaan yang ditunjuk BP Migas untuk bertindak sebagai seller dan bagaimana formula harga yang diterapkan kepada Chubu.

Sebelumnya, BP Migas telah menunjuk PT Pertamina (Persero) sebagai seller untuk gas Tangguh yang akan dikirim ke Tohoku Electric Power Co. Gas sebanyak 125.000 ton per tahun selama 15 tahun mulai 2010 itu dihargai dengan formula yang menyerupai formula harga LNG Arun.

Menurut catatan Bisnis.com, dengan tingkat harga minyak mentah USS70 per barel harga LNG Arun berada di kisaran US$5,3 per juta British thermal unit (Btu). Harga itu naik menjadi US$7,6 per juta Btu bila harga minyak mentah sekitar US$100 per barel.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.