Sunday, October 22, 2017

China & Indonesia konsumen pertama pipa baja Malaysia

December 1, 2010 by  
Filed under BBM

Energi ;  Perusahaan minyak dan gas bumi yang beroperasi di Indonesia dan China tercatat sebagai konsumen pertama pipa baja yang diproduksi dari pengembangan pabrik Technip Group di kawasan industri Tanjung Langsat, Malaysia.

CEO Technip Thierry Pilenko mengatakan dengan investasi baru, perusahaan akan dapat memproduksi pipa baja umbilical yang digunakan untuk keperluan operasi bawah laut. Menurut dia, perusahaan bahkan telah menerima pesanan dari konsumen Indonesia dan China, dengan rencana pengiriman pada akhir tahun ini.

“Kami telah menerima order pipa fleksibel dari konsumen di China dan Indonesia dan akan diekspor kepada mereka pada akhir tahun,” kata Pilenko dikutip the Star online.

Pabrik yang dikelola oleh Asiaflex Products di fase pertama, katanya, telah memproduksi pipa fleksibel untuk keperluan sektor minyak dan gas bumi dan telah mengekspor produk-produknya ke Australia, Asia dan TImur Tengah.

Pabrik senilai 140 juta euro itu merupakan yang pertama di kawasan Asia Pasifik yang memproduksi pipa fleksibel dan merupakan pabrik ketiga perusahaan selain yang berlokasi di Le Trait, Prancis, dan Vitoria, Brasil.

Menurut dia, investasi baru Technip di pabrik pengembangan akan lebih kecil dibandingkan dengan fase pertama. Hanya saja, dia mengatakan hal terpenting dalam pengembangan pabrik tersebut adalah implementasi teknologi baru pipa ke Malaysia yang berambisi untuk menjadi salah satu dari empat hub migas laut dalam di dunia.

Pilenko menolak untuk mengatakan berapa nilai investasi perusahaan di fase kedua, namun pejabat senior Malaysia Investment Development Authority (Mida) menyebutkan RM162 juta. Perusahaan, tuturnya, telah menyerahkan aplikasi pembangunan pabrik baru ke Mida dan persetujuan akan diberikan dalam waktu dekat.

Dia mengatakan Asiaflex Products merupakan bagian dari program belanja modal miliaran euro Technip untuk memperkuat posisinya di segmen bawah laut dunia. Technip merupakan pemain utama di sektor menajemen proyek, rancang bangun, dan konstruksi untuk industri migas. Perusahaan ini telah beroperasi di 48 negara dengan total pekerja 23.000 orang.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.