Saturday, October 21, 2017

China bangun PLTA di Mamuju Rp35 triliun

March 18, 2010 by  
Filed under Hydro Power

Investor dari China siap membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Karama, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) dengan nilai investasi sebesar Rp35 triliun.

Hal ini dikatakan Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, seusai membuka acara seminar pemberian nama bandara Tampa Padang dan Pelabuhan Belang-Belang, di Hotel Mamuju Beach, hari ini.

Menurut dia, berdasarkan hasil kunjungan ke negara Tirai Bambu, China, pekan lalu telah menghasilkan penandatangan kerja sama kedua negara antara Indonesia dan China, terkait rencana pembangunan PLTA Sungai Karama, sekitar 70 kilometer dari kota Mamuju.

“Salah satu hasil kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan China terkait dengan pembangunan PLTA Karama, maka pihak pemodal bersedia menanamkan investasinya sebesar Rp35 trilun lebih,” kata Anwar.

Dia mengatakan bahwa potensi sungai Karama untuk PLTA tersebut mampu menghasilkan energi listrik sekitar 1.600 hingga 1800 megawatt melebihi dengan energi listrik PLTA Asahan di Sumatera yang hanya menghasilkan energi listrik sebesar 120 megawatt.

“Potensi sungai karama yang mampu menghasilkan energi listrik dari 1600 hingga 1800 megawatt hingga saat ini salah satu energi listrik yang terbesar di Indonesia,” tuturnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.