Sunday, October 22, 2017

Chevron pangkas 2.000 pekerjaan

March 11, 2010 by  
Filed under BBM

DENVER –  Chevron Corp mengatakan akan memangkas 2.000 pekerjaan tahun ini dan menjual beberapa perusahaan yang beroperasi di luar negeri seperti kilang, pemasaran dan transportasi operasional.

Pengurangam pekerjaan itu mewakili hampir 12% dari 17.000 pekerja yang disebut di bagian hilir dari bisnis dan hanya lebih dari 3% dari keseluruhan angkatan kerjanya.

Eksekutif produsen minyak terbesar kedua AS itu masih membahas di mana dan kapan mereka akan menghilangkan pekerjaan tersebut dan mereka mencoba untuk menyelesaikan restrukturisasi itu pada triwulan ketiga, kata juru bicara perusahaan Lloyd Avram. Tambahan pengurangan kemungkinan dilakukan tahun depan.

Chevron mengatakan akan juga mencari tawaran untuk kilang minyak Pembroke di barat daya Wales, dan pemasaran bahan bakar, dan bisnis pelumas penerbangan di Karibia dan beberapa pasar di Amerika Tengah.

Kilang, yang mengubah minyak mentah menjadi bensin, solar dan bahan bakar lain, menghadapi beban berat di tengah meningkatnya harga minyak dan penurunan permintaan tahun lalu. Selain itu, banyak kilang baru sedang dibangun.

“Kondisi hilir mungkin sulit beberapa tahun berikutnya,” kata Mike Wirth, Executive Vice President usaha hilir global Chevron.

Analis Argus Research Phil Weiss mengatakan dia yakin Chevron membuat tindakan yang benar tapi dia mempertanyakan mungkinkah produsen akan mendapatkan harga yang baik untuk aset dalam lingkungan bisnis yang sulit.

Perusahaan minyak utama di seluruh dunia telah menghadapi persoalan serupa, yaitu melemahnya permintaan yang memangkas keuntungan perusahaan kilang.

Royal Shell Belanda baru-baru ini mengatakan akan mengurangi 1.000 pekerjaan tambahan pada tahun 2010, kebanyakan di refinery.

Total SA Prancis mengatakan Senin bahwa operasi penyulingan di perusahaan itu di Dunkirk, Prancis, akan dihentikan sebagai respons terhadap penurunan permintaan.

Pada kuartal keempat, Chevron kehilangan US$613 juta dalam operasi refinery dibandingkan dengan US$2 miliar keuntungan dalam kuartal tahun lalu.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.