Friday, January 20, 2017

Cabotage Diterapkan di Kapal Migas

February 25, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

ASAS cabotage (penggunaan kapal berbendera Merah Putih untuk pengangkutan dalam negeri) mulai diterapkan untuk sektor lepas pantai (offshore). Dari 63 kapal asing yang melakukan aktivitas lepas pantai, sebanyak 16 kapal telah menunjukkan komitmen menggunakan bendera Merah Putih untuk memenuhi asas cabotage yang diberlakukan 1 januari 2011.

Pergantian bendera Merah Putih yang mulai dilakukan kapal lepas pantai milik asing itu diperkirakan akan terpenuhi seluruhnya pada akhir 2010. “Menurut info dari Dirjen Migas, sekarang sudah 16 kapal. Akan berganti semua nanti akhir Desember 2010,” ungkap Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) Johnson W Sutjipto di Jakarta, kemarin.

Nantinya, lanjut Sutjipto, pembagian jumlah dan jenis kapal akan disesuaikan dengan kegiatan yang berlangsung di kawasan lepas pantai. Dari 63 kapal, 16 unit sudah berganti bendera, sedangkan sisanya sebanyak 47 kapal akan ditender pada 2010. “Jenisnya macam-macam. Nanti 47 kapal itu akan kita tender tahun ini,” jelasnya.

Dari sebanyak 16 kapal asing itu, ada beberapa yang memiliki kontrak melebihi Januari dan Mei 2011. Namun, jumlah tersebut tidak termasuk empat kapal yang mendapat kelonggaran (sesuai permintaan Ditjen Migas). Empat kapal asing dengan jenis drifting ship, jack up rig. seismic, dan construction diminta agar keluar dari asas cabotage. Pasalnya, kapal yang diberikan kelonggaran itu tidak menjadi anggota INSA dan memiliki jenis usaha yang berbeda dengan anggota INSA.

Sebelumnya, Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo meminta kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) untuk mengajukan permohonan dispensasi pelaksanaan asas cabotage. Dalam usulan dispensasi yang diajukan itu para KKKS diminta untuk memaparkan jenis kapal, ketersediaan, dan alasan penggunaan kapal asing.

Kemudian, Ditjen Migas memberikan rekomendasi penggunaan kapal berbendera asing pada kegiatan hulu migas seperti seismik, drilling, dan konstruksi dalam periode jangka pendek. Kapal tersebut masih digunakan dengan sistem sewa.

Media Indonesia

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.