Saturday, July 22, 2017

British Petroleum siap beli aset Devon US$6 miliar

March 12, 2010 by  
Filed under BBM

British Petroleum  siap terjun ke perairan dalam di lepas pantai Brasil, salah satu daerah eksplorasi minyak paling kaya di dunia, dengan transaksi US$6 miliar untuk membeli aset minyak dan gas dari Devon Energy.

Kesepakatan itu paling cepat diumumkan hari ini , menurut sumber familiar dengan negosiasi ini, sebagaiman dikutif situs berita FT.com.

Ladang minyak di lepas pantai Brasil tersebut diperkirakan memiliki sedikitnya 80 miliar barel minyak. Para eksekutif industri ini percaya daerah tersebut sama penting dengan Laut Utara.

Brasil yang merupakan satu dari 10 besar pemasok minyak ke AS, siap berkembang menjadi satu pengekspor penting.

Beberapa perusahaan barat telah mengadakan kerja sama dengan Petrobras, perusahaan minyak nasional Brasil, untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ladang minyak di daerah itu.  Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk  ExxonMobil dari AS, BG dari Inggris, Galp dari Portugal, Repsol dari Spanyol dan Royal Dutch Shell yang bermarkas di Belanda.

Namun, BP sejauh ini belum berhasil mendapat akses ke perairan dalam Brazil walaupun telah memiliki pengalaman di lepas pantai seperti Teluk Meksiko, Laut Utara dan Angola.

Tony Hayward, chief executive BP, terang-terangan menunjukkan ketertarikannya untuk masuk ke Brasil dengan mengatakan BP akan mengawasi aset Brasil yang mungkin ditawarkan Repsol, dan berencana untuk menawar dalam putaran perijinan selanjutnya.

Kesepakantan dengan Devon, perusahaan AS yang bermarkas di Oklahoma yang memiliki enam blok perizinan dalam bermitra dengan Petrobras untuk melakukan eksplorasi daerah ‘lepas pantai paling menjanjikan’  di Brasil itu akan menawarkan BP rute yang cepat dan langsung ke negara itu.

Saat Brasil menawarkan janji besar, para eksekutif dan analist industri minyak mengatakan bahwa tantangan harus segera diatasi sebelum negara itu mewujudkan potensinya sebagai pengekspor minyak dan gas.

Sumber minyak di perairan dalam, 7.000 meter di bawah permukaan laut dan di bawah lapisan garam tebal, secara teknis sulit diraih. Muncul juga kekuatiran besar bahwa ambisi pemerintah untuk memaksimalkan pemasukan Brasil dari kekayaan minyak dapat menciptakan masalah bagi investor asing.

BP juga bermaksud membeli aset lain dari Devon di Teluk Meksiko untuk memperkuat posisinya di daerah tersebut yang dianggap sangat penting secara strategis.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.