Sunday, January 22, 2017

BPH Migas ragukan rencana lepas harga energi pada 2014

March 23, 2010 by  
Filed under BBM

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi meragukan rencana pelepasan harga energi ke level keekonomiannya pada 2014 terkait dengan potensi lonjakan harga, kesiapan infrastruktur, dan daya beli masyarakat.

“[Soal reliable atau tidak rencana itu dikaitkan dengan kesiapan infrastruktur dan daya beli masyarakat] Belum tahu juga. Mudah-mudahan sih dengan tingkat keekonomian memadai dan affordability masyarakatnya tinggi [itu bisa],” kata Kepala BPH Migas Tubagus Haryono hari ini.

BPH Migas, tuturnya, sebenarnya telah menetapkan rencana dan strategi badan pengatur mengenai pencabutan subsidi BBM pada 2010. Namun, lanjutnya, kondisi masyarakat terkait dengan kemampuan daya belinya belum memadai hingga saat ini sehingga rencana tersebut tidak diterapkan secara konsisten.

“Kalau pemerintah mengubah Renstra-nya menjadi 2010, ya kami tinggal mengikuti saja,” katanya.

Menurut dia, pencabutan subsidi sebenarnya relevan jika melihat besarnya dana subsidi yang terus membengkak, dan di sisi lain penikmat subsidi yang banyak dari kalangan mampu. Sejauh ini, tuturnya, pembatasan konsumsi BBM bersubsidi masih berjalan secara efektif karena masih dalam status uji coba.

Bahkan, lanjutnya, kebijakan pembatasan konsumsi dengan menggunakan kartu pintar tersebut masih dikhawatirkan tidak berjalan dengan mulus. “Kalau disparitas harga terjadi, repot karena bisa menimbulkan gejolak,” ujarnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.