Monday, October 23, 2017

BPH Migas minta waktu negosiasi Blok Mahakam

May 28, 2010 by  
Filed under BBG

Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta tambahan waktu untuk menuntaskan proses negosiasi harga dan volume gas Blok Mahakam yang akan dipasok untuk fasilitas floating storage and regasification terminal LNG Teluk Jakarta.

Deputi Pengendalian Operasi BP Migas Budi Indianto mengatakan hingga kini pembahasan mengenai harga gas Blok Mahakam untuk domestik masih dalam proses.

Menurut dia, akan ada formula harga gas yang akan diterapkan pertama kali di Indonesia.

“Karena ini yang pertama jadi perlu tambahan waktu untuk memperkenalkannya,” katanya menjawab pertanyaan Bisnis mengenai lambannya pembahasan kontrak jual beli gas Mahakam antara produsen dan konsumen.

Sebelumnya, Dirut PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Hendi P Santoso mengkhawatirkan proyek FSRT Teluk Jakarta akan meleset dari target semula pada akhir 2011, menyusul belum adanya kepastian pasokan gas dari produsen karena terkendala oleh harga.

Hendi mengatakan tanpa adanya kepastian volume dan harga, pelaksana proyek yang dalam hal ini adalah konsorsium Pertamina-PGN tidak bisa mendapatkan kepastian pendanaan.

Padahal, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) selaku pembeli siaga dari gas jauh-jauh hari telah mengatakan siap membeli gas seharga US$9 per juta Btu. PLN akan menyerap sekitar 400 MMscfd gas Mahakam yang akan dipasok ke pembangkit-pembangkitnya di sekitar Jakarta.

Hendi mengatakan PGN dan Pertamina mengharapkan sudah ada konfirmasi mengenai harga dan volume gas dari produsen dalam dua hingga tiga bulan mendatang. Apabila dalam dua bulan tersebut kepastian pasokan tidak diperoleh, dia mengkhawatirkan jadwal proyek menjadi sulit dicapai.

“Kalau itu semua sudah mendapat kepastian saat ini, 200% kami yakin proyek itu bisa on schedule. Jika tidak, kami khawatir penyelesaian sulit tepat waktu,”ungkapnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.