Thursday, July 27, 2017

BP Migas Taget Produksi Minyak 977 Ribu Barel Per Hari

April 10, 2010 by  
Filed under BBM

Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi menargetkan produksi minyak tahun ini bisa mencapai 977 ribu barel per hari. Angka itu lebih tinggi dari asumsi lifting produksi minyak di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2010, 965 ribu barel per hari.

“Dari semua lapangan sebenarnya banyak potensinya,” kata Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi R Priyono hari ini (9/4) di Jakarta. “Tapi kami mengalami banyak masalah eksternal.”

Kendala tersebut, lanjutnya, antara lain soal rancangan cost recovery yang tidak kunjung selesai.

Ia mengatakan, tambahan produksi minyak dapat berasal dari lapangan milik Pertamina di Pondok Makmur, Bekasi sebesar dua ribu barel per hari. Dari Tropic Energy di Sumatera Selatan sebesar 1.500 barel per hari. Selain itu, tambahan produksi juga akan berasal dari Blok Cepu milik ExxonMobil.

Menurut Priyono, tahun ini produksi Blok Cepu bisa mencapai 30 ribu barel meskipun salah satu kilang penerimanya milik Tri Wahan Utama masih mengalami kerusakan. “Kami berencana membangun pipa baru yang langsung menyalurkan minyak dari Cepu ke fasilitas kilang Mudi milik Pertamina-PetroChina,” ujarnya.

Ia mengatakan beberapa kontraktor minyak juga sudah mulai meningkatkan produksinya. “Memang kecil-kecil (jumlahnya) tapi kami coba tahun ini,” tutur Priyono.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.