Friday, May 26, 2017

BP Migas & Mobil Cepu diminta tegas ke TWU

March 10, 2010 by  
Filed under BBM

Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi dan Mobil Cepu Ltd diminta untuk bertindak lebih tegas terhadap PT Tri Wahana Universal yang merupakan salah satu pembeli minyak Blok Cepu, yang kerap mengalami setop operasi.

Satu eksekutif perusahaan yang terlibat dalam pengelolaan Blok Cepu mengatakan sejak 22 Februari kilang TWU berhenti operasi untuk kesekian kalinya.

Padahal, tuturnya, kilang TWU tersebut sebenarnya telah menunjukkan kinerja membaik dengan tingkat serapan rata-rata 4.158,76 bph sebelum berhenti operasi pada Februari.

“Namun, karena setop operasi lagi rata-rata serapannya menjadi turun hanya 3.119,07 bph. Tingkat pembelian minyak mentah TWU juga tidak konsisten per harinya, sempat membeli sekitar 7.000—8.000 bph, tetapi sering juga hanya mampu membeli di level 1.000-an bph,” katanya kepada Bisnis.com hari ini.

Dengan kondisi itu, tuturnya, penjualan terpaksa bertumpu pada Pertamina untuk pengiriman ke fasilitas penampungan di Mudi. Rata-rata pengiriman minyak ke Mudi, tuturnya, pada Februari lalu tercatat mencapai 10.701,67 bph.

“Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan terus terjadi. Operator [Mobil Cepu Ltd] dan BP Migas mestinya lebih tegas harus dicarikan solusi seperti apa agar produksi Banyu Urip bisa terus optimal, termasuk mungkin mencari alternatif pembeli yang lebih siap dari TWU,” katanya.

Ketika dikonfirmasi, Presiden Direktur TWU Rudy Tafinos tidak mengangkat telepon selulernya. Kepala BP Migas Priyono mengemukakan produksi Blok Cepu sudah berjalan optimal, bahkan telah menyentuh level 19.000 bph dalam dua hari terakhir. “Produksi minyak Banyu Urip hingga hari ini mencapai 19.000 bph,” katanya tanpa penjelasan detail.

bisnis.com
Rudi Ariffianto

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.