Sunday, October 22, 2017

BP Migas: Harga gas kilang Sengkang bisa ditinjau

May 10, 2010 by  
Filed under BBG

BP Migas menegaskan harga gas kilang Sengkang milik PT Energy Equity Epic Sengkang di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, masih bisa ditinjau kembali dalam waktu dekat kendati telah dinaikkan awal tahun ini.

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas BP Migas (Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi) Agus Suryono mengatakan peninjauan tersebut dapat dilakukan jika semua pemangku kepentingan menginginkan.

Menurut dia, kasus Sengkang menjadi unik sebab telah diwarnai tuntutan publik yang menilai kontribusi investasi gas di daerah mereka selama ini tidak memberi kontribusi berarti bagi kesejahteraan warga.

Seperti diketahui, warga yang kesal sempat melakukan aksi pendudukan kompleks kilang Sengkang pada 30 April silam. Aksi itu membuat kegiatan produksi terhenti sama sekali sehingga menyebabkan pasokan ke PLTG Sengkang 195 MW ikut setop.

“Dalam kasus Sengkang, kemungkinan harga bisa ditinjau kembali jika pemerintah menganggap perlu. Nanti kita lihat bagaimana,” kata Agus saat dikonfirmasi, hari ini.

Agus pada April lalu masih menjabat Kepala Perwakilan BP Migas Kalimantan dan Sulawesi. Aktivitas kontraktor kerja sama migas (KKKS) Energy Equity berada di bawah wilayahnya.

Pada awal tahun ini, pemerintah telah menaikkan harga gas Sengkang dari US$1,8 per mmbtu menjadi US$2,4 per mmbtu. Kontrak gas Sengkang diteken pada 1997 dan akan berlaku sampai 2022.

Seluruh produksi penanaman modal asing (PMA) Australia itu dijual kepada perusahaan afiliasi PT Energi Sengkang yang mengoperasikan PLTG Sengkang 195 MW dan menjual listrik kepada PLN Wilayah Sulsel.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.