Friday, May 26, 2017

BP Migas Didesak Buka Operasional Gas Sengkang

May 5, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Jakarta – PT PLN (Persero) meminta Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) agar membuka kembali operasional ladang gas Sengkang di Sulawesi Selatan. “Akibat penutupan itu gas ke pembangkit terhambat, listrik padam, dan sangat merugikan masyarakat,” ujar Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di Jakarta, Selasa (4/5).

Bos perusahaan setrum pelat merah itu mengatakan, BP Migas terpaksa melakukan penutupan karena sejak Kamis lalu masyarakat setempat menggelar aksi unjuk rasa di pembangkit listrik tenaga gas Sengkang. “Mereka menuntut pembagian royalti dari PT Energy Equity Epic, Sengkang,” katanya.

Hingga puncaknya terjadi Sabtu lalu, masyarakat menduduki instalasi pembangkit, merusak poliklinik, dan memukul seorang dokter. “Sekarang sudah ada kesepakatan, Energy Sengkang akan menyalakan gas dengan jaminan dari aparat keamanan,” tutur Dahlan. “Namun, mereka harus mendapat persetujuan BP Migas dulu.”

Direktur Operasi Indonesia Timur Vickner Sinaga mengatakan, sejak akhir pekan lalu listrik di Sulawesi Selatan padam. “Kami kehilangan listrik sebesar 125 megawatt,” kata Vickner. PLN terpaksa memakai diesel untuk membantu mengurangi defisit pasokan. “Biayanya besar tapi kami belum hitung angkanya,” tuturnya.

Pemadaman terpaksa dilakukan bergilir di Makassar dan enam kabupaten di luar Makasar. Kondisi listrik pada malam hari kemarin di Makasar padam sebesar 32 megawatt. “Enam kabupaten lainnya padam 50 megawatt,” ujar Vickner.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.