Friday, May 26, 2017

BP Migas : Anggaran Eksplorasi Migas Masih Minim

March 28, 2010 by  
Filed under BBM

Menurut Kepala BP Migas R.Priyono anggaran eksplorasi migas masih minim. Anggaran yang hanya 15% anggaran KKKS tersebut lebih rendah dari anggaran General Administration. Ke depan, anggaran eksplorasi harus ditingkatkan untuk diarahkan pada penemuan cadangan-cadangan baru migas baik di lapangan baru maupun di lapangan exisiting.

Pernyataan Kepala BP Migas tersebut diungkapkan dalam acara Forum Perencanaan Eksplorasi dan Produksi BPMIGAS-KKKS (Forum EP) tahun 2010 di Nusa Dua, Bali. Acara yang merupakan forum komunikasi antara BPMIGAS, Kontaktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), dan instansi terkait, bertujuan untuk menghasilkan konsep baru eksplorasi dan produksi serta dukungan dari pemerintah demi tercapainya target produksi di atas 1 juta barel.

Pernyataan minimnya anggaran eksplorasi diungkapkan pula oleh Deputi Perencanaan BPMIGAS, Haposan Napitupulu. “Minimnya anggaran eksplorasi harus menjadi perhatian utama dan harus kita tingkatkan hingga 15% sampai 25% dari total anggaran. Dan kita harus  terus mencari strategi-strategi baru eksplorasi. Rasio keberhasilan eksplorasi Indonesia masih tinggi yaitu sekitar 40 – 50% dengan sukses keekonomian sekitar 30 %. Jangan sampai peluang ini lewat begitu saja karena alokasi anggaran yang sangat rendah”, imbuh Haposan.

Forum EP 2010 dibuka secara resmi oleh Kepala BPMIGAS, R. Priyono, Rabu, 24/3, dan akan berlangsung hingga tanggal 27 Maret 2010 lusa. Forum yang mengusung tema “Sinergi dan Optimalisasi Untuk Mengejar Target Produksi 2010-1015”,diisi dengan diskusi panel dan sidang komisi yang terbagi menjadi empat komisi, masing-masing Komisi Eksplorasi, Komisi Eksploitasi, komisi Coal Bed Methane (CBM).

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.