Wednesday, January 18, 2017

BP Migas Akan Kaji Kontrak Jual-Beli Gas Sengkang

May 5, 2010 by  
Filed under BBG

Jakarta – Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) akan meninjau lagi kontrak jual-beli gas untuk pembangkit listrik tenaga gas Sengkang, Sulawesi Selatan. “Kami mau tahu kenapa Kabupaten Wajo bisa tidak pernah dapat bagi hasil dari operasional produksi gas Sengkang,” ujar Deputi Operasi BP Migas Budi Indianto ketika dihubungi Tempo, Selasa (4/5).

Tidak tertutup kemungkinan dilakukan peninjauan terhadap harga jual-belinya. Budi mengatakan, soal bagi hasil minyak dan gas bumi kewenangannya ada di tangan Kementerian Keuangan. Nama Kabupaten Wajo tidak pernah masuk dalam skemab bagi hasil produksi gas untuk pembangkit Sengkang.

Kabupaten itu mendapat pemasukan operasional gas hanya dari sektor pajak dan kelistrikan. “Saya sudah lama minta DPRD untuk menulis surat kepada Menteri Keuangan soal ini,” tutur Budi. Kegiatan operasional produksi gas alam Gilireng saat ini dikelola oleh PT Energy Equity Epic. Gas itu kemudian dimanfaatkan untuk bahan bakar pembangkit listrik milik PT Energy Sengkang.

Pada Sabtu lalu BP Migas terpaksa melakukan upaya penghentian operasi gas karena masyarakat sekitar menduduki dan merusak instalasi gas. Akibat dari penutupan itu listrik wilayah Sulawesi Selatan hilang 125 megawatt dan terjadi pemadaman bergilir. “Tapi hari ini kami telah membuka kembali operasional gas dengan jaminan dari aparat keamanan setempat,” ujanya.

Untuk memulihkan kembali pasokan listrik, menurut Direktur Operasi Indonesia Timur Vickner Sinaga, membutuhkan waktu yang lama. “Start up-nya membutuhkan waktu,” tuturnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.