Saturday, May 27, 2017

Bill Gates & Toshiba kerja sama bangun “Reaktor Nuklir”

March 24, 2010 by  
Filed under Featured, Nuclear Power

TOKYO (Antara/AFP): Pendiri Microsoft Bill Gates dan Toshiba dari Jepang akan bekerja sama membangun reaktor nuklir generasi selanjutnya yang dapat beroperasi lebih dari 100 tahun tanpa pengisian ulang bahan bakar.

Menurut sebuah laporan yang dikutip Nikkei tanpa menyebutkan sumbernya, kerja sama reaktor yang diberi nama Traveling-Wave Reactor (TWR), yang mengkonsumsi uranium terkosong sebagai bahan bakar, hanya membutuhkan pengisian ulang bahan bakar setiap beberapa tahun.

Laporan Nikkei menambahkan Gates diperkirakan akan menggunakan kekayaan pribadinya untuk mendukung pembangun TWR dan investasinya dapat mencapai beberapa miliar dolar.

Teknologi TWR sedang dikembangkan oleh TerraPower, yang berkantor pusat di Negara Bagian Washington dan dimiliki secara efektif oleh Gates.

Akibat TerraPower kurang memahami bagaimana memproduksi peralatan pembangkit listrik nuklir, perusahaan itu memutuskan untuk bekerja sama dengan Toshiba, yang telah mengembangkan disain untuk reaktor ultracompact yang dapat beroperasi secara terus menerus selama 30 tahun.

Toshiba memiliki perusahaan pembuat pembangkit listrik tenaga nuklir AS Westinghouse. Belum diperoleh komentar dari Toshiba pada Selasa pagi dan seorang juru bicara mengatakan dirinya sedang memeriksa validitas laporan tersebut.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.