Friday, September 22, 2017

Biaya tambahan Gas Pelanggan PGN tetap Diterapkan

March 23, 2010 by  
Filed under BBG

Penambahan alokasi 70 juta metrik standard kaki kubik per hari (milllions metric standard cubic feet per day/MMSCFD) dan upaya menutup defisit pasokan gas tidak akan membuat biaya tambahan (surcharge) untuk pelanggan industri PT Perusahaan Gas Negara dihentikan.

Pengenaan surcharge tersebut terkait upaya BUMN sektor hilir gas ini untuk mengendalikan konsumsi dari pelanggannya.

“Sebenarnya dari dulu surcharge itu sudah diberlakukan karena tujuannya memang untuk membuat pelanggan tidak semena-mena dalam penggunaan alokasi gas,” ujar Corporate Secretary PGN, Wahid Sutopo, di Jakarta, kemarin.

Dengan adanya surcharge ini, umbuh Wahid, pihaknya berharap konsumen akan melakukan efieisiensi penggunaan gasnya.

“Jadi kita mendorong supaya terjadi efisiensi permintaan dari pelanggan,” ujar Wahid.

Menurutnya, di saat kondisi defisit, penerapan surcharge tentu disesuaikan dengan kemampuan pasokan dari PGN sendiri.

“Penerapannya tidak permanen, kita masih memberi ruang fleksibiltas supaya pasokan tetap terpenuhi untuk semua pelanggan, namun PGN tetap menjualnya secara ekonomis,” ujar Wahid.

Terkait pemenuhan gas untuk konsumen, pihak PGN kini masih menunggu upaya pemerintah untuk memberi tambahan pasokan terkait defisit nasional 300 MMSCFD.

“Kita ikut saja arahan pemerintah. Hal ini masih akan dibahas secara rutin karena proses mencari tambahan pasokan juga masih berjalan,” ujar Wahid.

Meski telah ada tambahan alokasi 50 MMSCFD dari Lapangan Singa, milik Medco EP dan 20 MMSCFD dari Lapangan Offshore Northwest Java (ONWJ) milik Pertamina Hulu Energi, namun hingga kini pemerintah masih berbicara dengan pihak ConocoPhillips untuk memulihkan pasokan 295 MMSCFD sesuai kontrak dengan PGN. Defisit pasokan dari Conoco Phillips karena mereka harus menyuplai hingga kisaran 100 MMSCFD untuk keperluan maksimalisasi produksi minyak lapangan migas Chevron di Duri, Riau.

Sementara, pasokan 20 MMSCFD dari Pertamina ONWJ hanya akan berlangsung selama 3 bulan (April-Juni). Alokasi ini juga mengambil jatahnya PLTGU Muara Tawar yang sebelumnya juga telah mengalmi pemangkasan hingga 50 MMSCFD oleh PGN.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.