Tuesday, May 23, 2017

Biaya kilang Balongan bisa dihemat Rp368 miliar

November 14, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Energi ;  Potensi penghematan biaya pengoperasian dan pengelolaan Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat dapat mencapai Rp368,5 miliar jika memanfaatkan pengembangan inovasi teknologi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan penggunaan 40 inovasi di bidang pengembangan teknologi dalam pengelolaan kilang, bahkan diperkirakan mampu menghemat hingga Rp450 miliar.

“Salah satu inovasi yang akan diterapkan di Unit VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat saja, berpotensi menghemat Rp368,5 miliar yang mampu memperpanjang masa operasional bearing steam turbin sehingga bisa mencegah shutdown yang tak terjadwal,” ujarnya hari ini.

Selama ini, jelas dia, bila terjadi kerusakan terhadap satu peralatan di Unit VI Balongan berakibat pada tidak beroperasinya satu kompleks di kilang tersebut, mengingat kilang Balongan memiliki kompleksitas yang tinggi. Padahal, lanjut dia, Kilang Balongan merupakan pemasok bahan bakar minyak pertama di dalam negeri.

“Dengan inovasi ini bisa memperpanjang masa operasi turbin serta mencegah penghentian operasi yang tidak direncanakan.”

Selain di Kilang Balongan, Pertamina juga menggunakan pengembangan inovasi lain untuk pemanfaatan dermaga yang tidak terpakai di Region VII Sulawesi sehingga meningkatkan pelayanan kapal sandar pelanggan.

Menurut dia, inovasi yang dilakukan oleh BUMN migas itu juga terkait dengan strategi pemasaran dengan memanfaatkan jetty idle small craft sehingga meningkatkan pelayanan kapal sandar pelanggan dan mengurangi bunching tanker loading port depot Bitung.

“Artinya, dengan inovasi ini kita bisa memperpendek waktu sandar kapal sehingga mobilisasi dari depot atau Pelabuhan Bitung bisa meningkat,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.