Friday, March 24, 2017

Besaran kenaikan TDL rata-rata 10%

July 12, 2010 by  
Filed under BBM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkukuh besaran kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang diberlakukan sejak 1 Juli 2010, rata-rata sebesar 10%.

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan pemerintah melalui tim khusus tengah melakukan sosialisasi dan pemantauan dampak kenaikan tarif baru tersebut terhadap perekonomian masyarakat.

“Kami sudah menjalankannya sejak 2 hari terakhir. Tim itu yang akan memantau dampak [kenaikan TDL] dan melakukan sosialisasi, termasuk menerima masukan-masukan. Intinya adalah kenaikan itu [TDL] rata-rata 10% dan sebegitu rupa sehingga secara total untuk mencapai [penghematan anggaran subsidi] sekitar Rp4,8 triliun,” katanya di Kantor Kementerian ESDM, hari ini.

Yang paling penting, tuturnys, kebijakan penaikan TDL itu dalam rangka meratakan beban anggaran subsidi negara terhadap golongan masyarakat mampu guna membangun jaringan distribusi dan transmisi untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional.

Selain itu, dia menambahkan kenaikan TDL itu juga dalam rangka untuk pro keadilan, mengingat kelompok usaha industri menengah dan besar merupakan penerima subsidi listrik terbesar kedua.

“Data 2009 itu, sekitar Rp9 triliun [subsidi listrik industri menengah dan besar]. Nah itu adalah sebuah fakta. Ini yang ingin kita reduksi. Tidak dalam rangka supaya dunia usaha tidak kompetitif, bukan.”

Terkait keluhan kalangan industri soal kenaikan TDL, Darwin mengatakan pihaknya tetap berusaha mencari titik temu terhadap perbedaan pendapat yang berkembang di lapangan.

“Karena pemerintah itu berdiri di atas semua golongan, termasuk dalam rangka meng-empower PLN sebagai badan usaha kita yang berusaha di bidang listrik, juga dalam memberdayakan dunia usaha kita. Pemerintah berada di atas itu semua. Boleh jadi masukan pengusaha itu benar, boleh jadi ini perbedaan tafsir. Tujuan kita adalah mencari titik temunya.”

Menurut dia, selama proses pertemuan antara pemerintah dengan pengusaha, kenaikan TDL rerata 10% itu tetap berlaku sesuai ketentuannya.

“Saya harus mendapatkan laporan dari PLN dan tim pemantau itu sebelum bertemu dengan pengusaha,” tutur Darwin.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.