Monday, October 23, 2017

Benakat Petroleum incar blok minyak Pertamina EP

April 17, 2010 by  
Filed under BBM

PT Benakat Petroleum Energy Tbk mengincar satu blok milik PT Pertamina EP dari enam blok yang ditawarkan anak perusahaan Pertamina melalui pola KSO untuk menggenjot portofolia

Direktur Benakat Petroleum Energy Fahrizi mengemukakan persero telah memasukkan penawaran untuk ikut tender blok yang ditawarkan Pertamina EP melalui KSO (kerja sama operasi).

“Kami harapkan bisa meraih satu blok itu. Dengan pengusaan satu blok itu, produksi minyak diharapkan naik lagi. Kami memang menggunakan pola akuisisi blok sebagai salah satu model untuk meningkatkan portofolio perusahaan,” ujarnya hari ini.

Menurut dia, Benakat mentargetkan bisa memproduksi 4.000 barel per hari (bph) tahun ini. Produksi itu diharapkan meningkat lagi menjadi 6.000 bph pada 2011. Benakat saat ini sudah menggarap Blok Benakat barat dan Pendopo di Sumatra Selatan.

Kedua blok memiliki 293 sumur. Dari total sumur, yang sudah digarap sebanyak 87 sumur. Kedua blok itu merupakan milik Pertamina EP, namun di-JOB (joint operating body) dengan Benakat. Selain itu, perusahaan juga telah menyiapkan dana US$57 juta untuk pengembangan sumur-sumur itu.

Produksi minyak area operasi lapangan minyak Benakat barat saat ini rata-rata adalah 2.000 barel per hari. Diharapkan BBP akan mampu meningkatkan produksi menjadi 4.000 barrel per hari pada akhir 2010.

Berkaitan dengan letak blok milik Pertamina EP yang diincar, Fahrizi menolak untuk menjawabnya karena kini masih proses tender. “Namun, memang tidak jauh-jauhlah dari lokasi yang kini sedang digarap. Dalam konteks produksi, efisiensi salah satu prasyarat penting meningkatkan portofolia perusahaan.”

Perusahaan afiliasi grup BPE lainnya bahkan telah memperoleh konsesi pertambangan batu bara di Kutai Barat, Kalimantan Timur serta pertambangan mangan di Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Kami melalu anak perusahaan PT Delta Samudra telah memperoleh IUP [izin usaha pertambangan] untuk menggarap tambang itu. Pada 2011, tambang itu diharapkan bisa memproduksi sebanyak 300.000 ton dan bertambah menjadi 3 juta ton pada 2014,” tambahnya

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.