Friday, January 20, 2017

Batubara Bukit Kendi & Jurong Berhenti Operasi

March 22, 2010 by  
Filed under Coal

Kegiatan operasional dua perusahaan tambang batu bara–PT Batubara Bukit Kendi dan PT Jurong Barutama Greston–dipastikan berhenti beroperasi sementara akibat belum keluarnya izin pinjam pakai lahan oleh Kementerian Kehutanan.

PT Batubara Bukit Kendi merupakan PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk hampir selama 9 tahun belum mendapatkan izin pinjam pakai lahan dari Kementerian Kehutanan untuk melanjutkan kegiatan operasinya di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan.

Begitu juga dengan PT Jorong Barutama Greston, anak usaha PT Indo Tambang Raya Megah Tbk (ITMG) terpaksa menghentikan kegiatan di lapangan karena terganjal perpanjangan izin pinjam-pakai lahan.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menegaskan kementeriannya tetap tidak akan mengeluarkan izin pinjam pakai lahan kepada perusahaan tambang yang belum memenuhi persyaratan penambangan di kawasan hutan.

“Kedua perusahaan itu tidak mungkin dikeluarkan izinnya karena sekarang kan sudah di-police line. Itu kan masalah hukum. Itu yang tidak boleh, Bukit Kendi. Selesaikan dululah urusannya sama penegak hukum,” ujarnya pekan lalu.

Dia menjelaskan kawasan hutan konservasi dan hutan lindung tidak diizinkan untuk kegiatan penambangan. Kementeriannya, lanjutnya, akan mendukung proses perijinan bagi perusahaan tambang yang telah memenuhi persyaratan dan melakukan reklamasi lahan.

Namun, tutur Zulkifli, bagi perusahaan yang telah lama melakukan penambangan tetapi tidak memiliki izin tentunya melanggar peraturan pemerintah.

“Sampai kapanpun, hutan lindung dan konservasi tidak boleh untuk penambangan. Yang boleh itu hutan produksi atau area lainnya. Kalau masih dilakukan kegiatan penambangan, itu pidana. Yang memberikan izin, juga masuk tindakan pidana,” tandasnya

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.