Thursday, July 27, 2017

Baru 4,4% Energi Panas Bumi RI yang termanfaatkan

March 16, 2010 by  
Filed under Geothermal

Indonesia mempunyai potensi sumberdaya energi panas bumi lebih dari 28.100 MW (40% potensi dunia). Energi tersebut tersebar mengikuti jalur vulkanik mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, NTT, Sulawesi, dan Maluku.

“Hingga saat ini baru 1.189 MW (4,3%) yang dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, atau hanya 0,9% dari total energi mix di Indonesia,” kata¬† Arya Rezavidi, Direktur Pusat Studi Teknologi Konversi dan Konservasi BPPT, hari ini.

Dia menuturkan potensi sumber energi panas bumi banyak tersebar di Indonesia bagian Timur, seperti NTT, Maluku, Sulawesi, dan daerah terpencil lainnya. “Tapi daerah tersebut jenis pembangkit listriknya didominasi oleh pembangkit listrik tenaga diesel [PLTD],” ujarnya.

Berdasarkan hasil studi bersama Kementerian Ristek dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, katanya, terdapat lebih dari 200 MW PLTD di NTB, NTT, Maluku dan Maluku Utara, yang dapat disubstitusi dengan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) skala kecil.

“Bila diterapkan, potensi penghematan BBM bisa sebesar 200.000 kiloliter/tahun, yang setara dengan Rp1 triliun lebih per tahun. Sementara subsidi listrik oleh pemerintah pada 2009 mencapai Rp51,9 triliun,” ungkapnya.

Dia menyebutkan saat ini Indonesia belum memiliki teknologi yang siap pakai, dan terbukti untuk PLTP skala kecil. Padahal, katanya, PLTP skala kecil berpotensi sebagai pembangkit pioner atau utilitas pada pengembangan lapangan panas bumi, atau selama masa konstruksi.

Untuk mempercepat pemanfaatan energi panas bumi di Indonesia, lanjut Arya, BPPT melakukan pengembangan PLTP skala kecil melalui tahapan penyusunan engineering desaign sistem pembangkit, dan selurug komponennya. Nantinya seluruh proses EPC sampai manufaktur komponen pembangkitnya dilakukan oleh industri dalam negeri.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.