Monday, July 24, 2017

Barito Pacific Ekspansi ke Bisnis Migas

May 8, 2010 by  
Filed under BBM

Setelah mencatat kinerja keuangan cukup meyakinkan sepanjang 2009 dan kuartal I-2010, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) mulai melebarkan bisnisnya ke sektor minyak dan gas bumi serta perkebunan kelapa sawit.

Pada 5 Mei 2010, Barito Pacific bermitra dengan Badan Usaha Milik daerah (BUMD) Jawa Timur dan Madura dalam bidang usaha minyak dan gas bumi pada Madura Offshore PSC.

Dengan investasi tersebut, perseroan memiliki 49 persen saham pada PT Petrogas Pantai Madura (PPM) yang memiliki investasi di Madura Offshore sebesar 10 persen.

“Perseroan akan memberikan fasilitas pembiayaan untuk modal kerja kepada PT PPM sampai dengan US$8,5 juta,” ujar Senior VP Investor Relations BRPT Agustino Sudjono dalam siaran persnya Jumat, 7 Mei 2010.

Investasi ini, kata dia, merupakan bagian dari rencana Barito Pacific menjadi perusahaan berbasis sumber daya yang terdiversifikasi. “Saat ini, perseroan juga tengah menjajaki sejumlah peluang investasi lain di sektor minyak dan gas bumi,” tambah Agustino.

Sementara itu, Barito Pacific juga tengah memproses akuisisi 100 persen saham perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Royal Indo Mandiri (RIM) senilai US$25 juta.

Saat ini, RIM memiliki lahan seluas 29 ribu hektare di Kalimantan Barat dan ditargetkan pada 2010 memiliki lahan seluas 41 ribu hektare dengan 14 ribu hektare tertanam.

“Kami akan meminta izin dari para pemegang saham saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang akan diselenggarakan pada 7 Juni mendatang,” tutur Agustino.

Perseroan, dia menambahkan, meyakini para pemegang saham akan menyetujui rencana akuisisi ini. Sebab, langkah strategis ini akan membawa Perseroan melangkah lebih cepat di track yang tepat menuju perusahaan sumber daya yang terdiversifikasi.

Barito Pacific memiliki komitmen yang kuat agar RIM terus berkembang. Dalam blue print bisnis perkebunan Barito Pacific, rencananya pada tahun 2015 RIM akan memiliki lahan 250 ribu hektare dengan area tertanam 100 ribu hektare.

Perseroan memiliki komitmen yang kuat untuk senantiasa membesarkan bisnis sumber dayanya. “Ekspansi dan meningkatkan kapasitas produksi di sektor petrokimia, investasi di sektor migas, serta akuisisi perusahaan perkebunan merupakan komitmen kami untuk terus memperluas lini usaha kami. Dan, kami tak akan pernah berhenti,” kata Agustino.

Barito Pacific tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten BRPT. Saham BRPT merupakan saham unggulan yang masuk ke dalam daftar LQ45.

Sepanjang tahun 2009, Barito Pacific mencatat laba bersih sebesar Rp 547 miliar. Pada kuartal I-2010, perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 117 miliar dengan posisi kas dan setara kas sebesar Rp 2,12 triliun.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.