Monday, July 24, 2017

Banyak Pabrik Pupuk Habis Kontrak Pasokan Gas

April 11, 2010 by  
Filed under BBG

Produsen pupuk mendesak pemerintah segera mengatur strategi jangka panjang dan pendek guna menyelesaikan persoalan ketersediaan pasokan gas. Pasalnya, tanpa adanya pasokan, dipastikan banyak pabrik pupuk berhenti berproduksi pada 2012 lantaran belum mendapat kontrak-kontrak baru pasokan gas.

Ketua Umum Asosiasi Niaga Pupuk Indonesia Johan Unggul mengatakan, kelangkaan gas yang dialami pabrik pupuk di Indonesia sebenarnya sudah bermula sejak 2002. Namun berselang delapan tahun, di 2010 ketersediaan gas justru makin kacau.

“Ini kontradiktif dengan sasaran pembangunan yang ingin meningkatkan produksi seluruh komoditas tanaman pangannya,” ujarnya di sela diskusi di Media Grup, Jakarta, Jumat (9/4).

Untuk meningkatkan produksi, diperlukan pasokan pupuk urea yang stabil. Itu lantaran konversi dari pupuk kimia ke organik sepenuhnya pun memerlukan waktu yang relatif lama.

Menurut dia, sebenarnya hal itu tidak akan terjadi jika pemerintah mengoptimalkan kinerja Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Migas dan Badan Pelaksana Hilir Migas untuk menjaga keseimbangan antara pasokan dengan alokasinya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.