Sunday, September 24, 2017

Bank Mandiri jajaki biayai ekspansi Newmont

April 2, 2010 by  
Filed under Alternatif

PT Bank Mandiri Tbk disebut-sebut berminat untuk ikut membiayai rencana ekspansi tambang PT Newmont Nusa Tenggara senilai US300 juta, bersaing bersama beberapa perbankan asing seperti dari Jepang dan Amerika Serikat.

Sumber Bisnis.com yang mengetahui proses rencana pembiayaan itu mengemukakan Newmont dan Bank Mandiri telah bertemu minggu ini membahas rencana pembiayaan itu.

“Dari sekian perbankan dalam negeri, Bank Mandiri merupakan perbankan yang mampu untuk cover rencana ekspansi tambang Newmont. Namun, mereka masih dalam pembicaraan,” ujarnya kepada Bisnis.com hari ini.

Berkaitan dengan itu, Riswinandi, direktur Bank Mandiri ketika dikonfirmasi tidak menjawab pertanyaan Bisnis.com.

Sementara Presdir Newmont Nusa Tenggara Martiono Hadianto hanya menjawab singkat bahwa persero membuka peluang itu. Namun, Martiono meminta untuk mengkonfirmasinya kepada Bank Mandiri.

Selain Bank Mandiri, beberapa perbankan dari Jepang dan Citibank juga berminat ikut pembiayaan itu. “Kedua perbankan asing itu selama ini telah ikut membiayai pengembangan tambang Newmont. Untuk pembiyaan kali ini, bank juga berminat untuk ikut serta,” tambah sumber itu.

Newmont sendiri telah menargetkan bisa mendapatkan produksi dari pertambangan emas Batu Hijau sebanyak maksimal 425.000 ounce menyusul semakin tingginya grade emas fase 5 dan meningkatnya kepemilikan saham perusahaan.

Berdasarkan laporan kinerja perusahaan yang dipublikasikan pada 25 Februari, Newmont akan mendapatkan bagian produksi antara 390.000 ounce dan 425.000 ounce. Bagian ini memperhitungkan besaran saham perusahaan melalui Newmont International Limited di PT Newmont Nusa Tenggara sebesar 52,44%.

“Dengan asumsi kepemilikan saham sebesar 52,44%, produksi emas yang menjadi bagian Newmont dari Batu Hijau mencapai antara 390.000 ounce dan 425.000 ounce. Hal ini juga dipengaruhi oleh tingginya kadar emas dalam proses penambangan fase-5.”

Adapun, biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi setiap ounce emas Batu Hijau diperkirakan mencapai US$265 dan USS285. Biaya ini memperhitungkan harga emas USS900 per ounce. Biaya tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan biaya produksi yang terealisasi pada kuartal keempat 2009 yang hanya mencapai US$175 per ounce.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.