Saturday, March 25, 2017

Dua Museum di Lingkungan Badan Geologi Indonesia Meraih Penghargaan Sapta Pesona

October 17, 2010 by  
Filed under Alternatif

JAKARTA. Sapta Pesona Bangga, begitu kiranya yang dirasakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) khususnya Badan Geologi dalam menyikapi hasil keputusan mengenai Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih kategori museum. Penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia ini diberikan kepada museum-museum di Indonesia yang memiliki toilet umum yang bersih. Kebersihan merupakan bagian dari 7 unsur Sapta Pesona, yaitu Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan.

Dua dari 51 museum yang mengikuti penilaian dan penghargaan ini adalah museum yang berada dalam pengelolaan Badan Geologi, Kementerian ESDM RI yakni Museum Gunung Api Batur (Kintamani, Bali) dan Museum Geologi Bandung (Jawa Barat). Keduanya menempati posisi 10 besar untuk kategori museum negeri. Penghargaan ini sendiri direncanakan untuk diikuti sekitar 275 museum yang tersebar di seluruh Indonesia, namun yang memenuhi syarat hanyalah 51 museum dan terbagi ke dalam dua kategori, yaitu museum negeri dan museum swasta.

Penghargaan yang didapat oleh Museum Gunung Api Batur dan Museum Geologi tidak lepas dari kerja keras dan pengabdian para petugas kebersihan yang sehari-harinya bertugas membersihkan toilet umum dengan sebaik-baiknya, sehingga pengunjung merasa nyaman dan aman untuk menggunakan fasilitas umum tersebut. Bahkan ketika pengunjung membludak sekalipun, para petugas tersebut selalu berusaha untuk membuat pengunjung merasa puas. Oleh karena itu, tidak salah jika kemudian penghargaan Sapta Pesona kategori Toilet Umum Bersih ditujukan pula kepada para petugas kebersihan.

Namun, sebaik-baiknya pekerjaan yang dilakukan oleh manusia pasti ada juga kekurangannya. Pernyataan tersebut senada dengan Triesna Wacik selaku anggota Dewan Juri Terhormat yang dikutip dari Antara, bahwa “Belum ada toilet di museum yang bisa mencapai bintang lima, semua yang dinilai juri baru di level bintang tiga dengan predikat cukup.”

Dewan juri dalam Penghargaan Sapta Pesona untuk Toilet Umum Bersih berasal dari kalangan, mereka adalah Triesna Wacik (Juri Kehormatan), Naning S. Adiwoso (Ketua Juri, Asosiasi Toilet Indonesia), Sudaryatmo (Anggota, YLKI), Nani Sumaryani dan Titik Ediati (Anggota, Dharma Wanita Kemenbudpar), Nanang Besmanto (Anggota, Kementerian Kesehatan), Erwin Nurdin (Anggota, media), Enny Herawaty (Anggota, Asosiati Toilet Indonesia), Endang Sriwigati (Anggota, Direktorat Museum), dan Ennie Boediardjo S. (Anggota, Pemerhati Toilet).

Melalui ajang penghargaan ini, diharapkan museum-museum saling meningkatkan pelayanan umum khususnya mengenai toilet umum, sehingga memiliki daya saing tinggi dan tidak kalah dengan instansi lainnya yang memiliki level bintang lima. Dan yang paling penting adalah kepuasan, keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam menggunakan toilet umum terus ditingkatkan.

Selamat untuk Museum Gunung Api Batur dan Museum Geologi. Tingkatkan terus pelayanan umum terhadap pengunjung.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.