Thursday, March 30, 2017

Aweco perluas fasilitas pabrik elpiji

August 3, 2010 by  
Filed under BBG

PT Aweco Indosteel Perkasa –produsen tangki elpiji dan tangki BBM di Gempol, Kab. Pasuruan—berancang-ancang memperluas fasilitas pabrik dari saat ini 2 hektare menjadi 4 hektare, untuk meningkatkan kapasitas produksi tangki menjadi 80 unit/bulan berbagai ukuran.
Dirut PT Aweco Indosteel Perkasa (Aweco) Adrigiri Widjaja memprediksi usaha pendistribusian bahan bakar elpiji maupun bahan bakar minyak (BBM) tahun depan akan semakin meningkat seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi.
Menurut dia, tingkat permintaan tangki [baik tangki timbun elpiji maupun tangki angkutan BBM] dari mitra PT Pertamina masih cukup banyak, setelah mengalami booming pada 2008 hingga 2009 dengan volume permintaan mencapai 40 unit/bulan berbagai ukuran.
“[Untuk mengantisipasi meningkatnya pesanan tangki] kami kini tengah menyiapkan penambahan fasilitas pabrik menjadi 4 hektare. Tambahan investasinya belum bisa dirinci, tetapi kami menyiapkan dana internal dan dukungan Bank BNI,” ujarnya saat ditemui di pabriknya, pekan lalu.
Aweco telah beroperasi sejak 2001 yang bergerak di bidang produksi mesin industri farmasi, makanan-minuman, kosmetik, kimia, dengan memanfaatkan bahan baku stainless steel. Selain itu, memproduksi tangki elpiji dan tangki BBM memenuhi pesanan mitra Pertamina seperti tangki ukuran 8.000 liter. Industri itu didukung 700 karyawan.
Adrigiri menyebutkan peluang industri tangki elpiji dan BBM tahun depan cukup besar, menyusul akan diremajakan secara bertahap sekitar 2.000 unit mobil angkutan yang merupakan bagian dari program penyempurnaan angkutan BBM yang dilakukan Pertamina.
“Industri tangki harus mampu memanfaatkan peluang pasar melalui peningkatan teknologi produksi a.l. berupa sisa pengucuran BBM seminimal mungkin dalam tangki, maka kami terus melakukan training secara internal,” tuturnya.
Produsen tangki di Gempol itu selama ini mengandalkan pasokan bahan baku dari sejumlah negara Eropa, akibat masih minimnya industri pendukung di dalam negeri. Hal serupa juga dialami produsen tangki lainnya, tetapi sektor industri tersebut tetap eksis akibat tidak menghadapi serbuan tangki impor.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.