Sunday, January 22, 2017

Australia Membutuhkan Investasi Energi US$92 Miliar

March 22, 2010 by  
Filed under Featured

Australia membutuhkan investasi sedikitnya A$100 miliar, atau setara dengan US$92 miliar untuk infrastruktur listrik pada dekade berikutnya untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat.

Menteri Sumber Daya dan Energi Australia Martin Ferguson mengatakan ketidakjelasan harga karbon, rencana perusahaan pemerintah menjadi swasta, peraturan harga eceran, peraturan jaringan, dan yang terbaru, krisis keuangan global selama bertahun-tahun telah menghambat investasi.

“Ketidakjelasan itu telah menghambat investasi,” ujarnya kemarin.

Australia merupakan negara pengekspor terbesar dunia untuk bijih besi, alumina, timah hitam, seng dan batu bara. Negara itu membutuh pembangkit listrik lebih besar untuk mendukung proyek pencarian sumber daya baru dan mencegah listruk padam di perumahan.

Menurut dia, kekurangan gas alam untuk penggunaan dalam negeri akan mematikan perkembangan industri, termasuk produksi aluminium dan pupuk, yang butuh bahan bakar pada proses pengolahannya.

“Peningkatan harga energi utama akan berpengaruh buruk terhadap potensi proses hilir sumber daya mineral,” tambah Manajer Investasi Katana Asset Management Ltd di Perth.

Akibat kondisi itu, pengguna gas terbesar di Australia Barat Alcoa Inc telah menghentikan perluasan pabrik alumina di negara bagian tersebut, yang menghasilkan 70% ekspor ke China, sampai perusahaan tersebut mendapat pasokan gas jangka panjang yang kompetitif.

Selain masalah gas, negara itu juga menghadapi harga listrik yang mahal. Akibatnya, seperti dikatakan Ferguson, harga listrik Ausralia telah meningkat sekitar 35% dalam tiga tahun terakhir.

Penyebabnya adalah tingginya biaya modal investasi yang meningkat pada jaringan listrik yang merupakan investasi yang penting dalam menjamin ketersediaan pasokan.

“Pemerintah Australia saat ini memperhatikan dampak dari peningkatan harga pada keluarga dan bisnis. Namun, kenaikan itu tidak terhindarkan bila kita ingin menjamin ketersediaan pasokan.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.