Thursday, March 30, 2017

Australia kenakan tax, proyek LNG semakin tertekan

May 4, 2010 by  
Filed under BBG

SYDNEY (Bloomberg) : Rencana penetapan pajak sebesar 40% dari laba perusahaan pertambangan di Australia kemungkinana akan merugikan para pengembang proyek gas alam cair (LNG) di negara bagian Queensland ketika mereka bernegosiasi dengan pembeli potensial.

Menurut laporan Citigroup, kebijakan itu telah memberikan ketidakpastian usaha. Proyek LNG Australia Pcific di Queensland misalnya, tentunya akan ikut terpengaruh dengan keluarnya kebijakan itu.

Proyek pengolahan gas batu bara menjadi LNG itu merupakan proyek yang melibatkan ConocoPhilips dan Origin Energy Ltd. “Besaran pajak yang harus dikeluarkan konsorsium itu meningkat menjadi 44% dari semula 41% dengan adanya kebijakan itu,” ujar laporan itu hari ini.

Selain Origin dan ConocoPhilip, Santos Ltd juga terlibat proyek konversi coal-seam gas menjadi LNG di Queensland untuk memenuhi permintaan Asia terhadap bahan bakar yang lebih bersih.

Origin dan Santos mengatakan mereka tengah mengadakan perundingan dengan konsumen potensial dan berencana untuk membuat keputusan investasi akhir tahun ini.

Harga saham Santos jatuh 3,9% menjadi A$13,30 pada perdagangan di Sydney, saat saham Origin juga turun sebesar 3% menjadi A$15,89. Indeks acuan S&P/ASX 200 mengalami penurunan 0,6%.

Australia kemarin mengumumkan rencana yang disebut pajak super itu sebesar 40% terhadap laba perusahaan tambang mulai tahun 2012, yang diperkirakan dapat mengumpulkan A$12 miliar (US$11 miliar) dalam dua tahun setelah ditetapkan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.