Monday, July 24, 2017

Aturan batasi BBM bersubsidi dirilis pekan depan

July 12, 2010 by  
Filed under BBM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan aturan mengenai mekanisme pembatasan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi selesai pada pekan depan.

Hal itu terkait dengan rencana pembatasan penggunaan BBM bersubsidi yang akan diterapkan paling lama September 2010, guna mengendalikan penggunaannya sehingga tidak melebihi kuota BBM bersubsidi dalam APBN 2010 sebesar 36,5 juta kiloliter.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengungkapkan laporan lengkap mengenai rencana pembatasan penggunaan BBM bersubsidi itu nantinya akan dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelum diterapkan.

“Mekanisme tersebut akan diserahkan kepada Menteri ESDM untuk pembahasan internal terlebih dahulu, sebelum diajukan ke DPR. Paling lambat Senin [12 Juli] kita akan kirimkan karena pada hari itu [mekanisme] sudah siap seperti apa,” tutur dia seperti dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, hari ini.

Menurut dia, hingga kini pemerintah terus melakukan rapat kerja maraton setiap hari guna menyelesaikan pembahasan soal mekanisme pembatasan penggunaan BBM bersubsidi tersebut. Berdasarkan pembahasan sebelumnya, lanjut dia, angkutan umum dan kendaraan roda dua (sepeda motor) dipastikan tetap boleh membeli BBM bersubsidi.

Sejalan dengan rencana pembatasan tersebut, pemerintah juga tengah menyiapkan revisi lampiran Peraturan Presiden (Perpres) No 55/2005 tentang Harga Jual Eceran BBM Dalam Negeri dan Perpres No 9/2006 tentang Perubahan atas Perpres No 55 tahun 2005 tentang Harga Jual Eceran BBM Dalam Negeri.

Berdasarkan APBN-P 2010 yang telah disahkan DPR, volume BBM bersubsidi tahun ini ditetapkan sebesar 36,5 juta kilo liter, sedangkan BPH Migas memperkirakan konsumsi tahun ini bisa mencapai 40,1 juta kilo liter bila tidak dilakukan pengendalian konsumsi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.