Saturday, October 21, 2017

Atasi krisis pasokan gas, Hentikan Ekspor LNG ke China

March 27, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Penghentian ekspor gas ke China dari Kilang Tangguh Papua, bisa menjadi pilihan untuk keluar dari krisis pasokan gas di dalam negeri. Kendati hal itu berakibat Indonesia harus membayar biaya penalti.

Hal itu diungkapkan Pengamat Migas Kurtubi di Jakarta, Kamis (25/3). “Kalau ekspor LNG Tangguh dihentikan, saya kira kenaikan semua tarif ini bisa dihindari. Memang, dengan dihentikan ekspor gas ke China, pemerintah harus membayar penalti. Tapi ini lebih baik. Sebab harga ekspor liquid natural gas (LNG) ke China sangat murah sekali yakni US$3,35 per MMBTU. Sedangkan harga ekspor LNG Bontang ke Jepang US$13 per MMBTU,” ujar Kurtubi.

Padahal imbuh Kurtubi, ekspor gas ke Negeri Tirai Bambu tersebut cukup besar mencapai 7 juta MMBTU.  Dengan penghentian ekspor tersebut pasokannya bisa dipakai untuk kebutuhan pembangkit listrik, pabrik pupuk, keramik dan sebagainya.

“Sehingga biaya pokok produksi (bpp) listrik pasti berkurang jauh. Jadi ada peluang kenaikan tarif dasar listrik, pupuk, gas elpiji bisa dihindari. Persoalannya kembali pada political will pemerintah. Mau tidak pemerintah menghentikan ekspor gas ke China itu,” ujarnya.

Menurutnya, sungguh ironis di saat gas Tangguh dijual ke China dengan harga murah, Indonesia berencana mengimpor LNG dari Qatar dengan harga yang  mahal. “Kalau memang hendak diteruskan maka pihak China National Offshore Oil company (CNOOC) harus mau memperbaiki formula harga LNG Tangguh,” jelas Kurtubi.

Dengan harga minyak saat ini di level US$80 per barel, lanjut Kurtubi, harga LNG Tangguh harus di atas US$13 per MMBTU. Murahnya harga jual LNG Tangguh ke CNOOC tersebut telah menyebabkan negara merugi hingga Rp500 triliun. “Kalau mereka tidak mau, hentikan saja dan alihkan ke dalam negeri seiring pembangunan terminal penerima dan pengolah LNG,” pungkas Kurtubi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.