Thursday, March 30, 2017

Asumsi Penerimaan Subsektor Migas & PNBP Minerbapabum Disepakati

April 27, 2010 by  
Filed under BBM

Rapat Kerja Komisi VII, Menteri ESDM serta Kepala Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan menyetujui berbagai asumsi dalam penerimaan subsektor migas dan PNBP Minerbapabum pada APBN 2010 dan RAPBN-P 2010.

Pimpinan Sidang Raker Komisi VII dengan Pemerintah, Wakil Ketua Komisi VII fraksi PDI-P, Effendi Simbolon menegaskan adapun besaran penerimaan subsektor migas dan PBNP Minerbapabum pada APBN dan RAPBN-P 2010, antara lain penerimaan subsektor migas dalam APBN 2010 Rp174,39 triliun, usulan dalam RAPBN-P 2010 sebanyak Rp211,36 triliun. Kemudian rapat dengan DPR Komisi VII akhirnya menetapkan total penerimaan subsektor migas dalam RAPBN-P 2010 menjadi Rp214,22 triliun.

Kemudian PNBP subsektor Minerbapabum, PNBP panas bumi dalam APBN 2010 sebesar Rp0,24 triliun, kemudian bersama DPR komisi VII ditetapkan besaran PNBP dari panas bumi mencapai Rp0,24 triliun.

PNBP pertambangan umum dalam APBN 2010 ditetapkan sebesar Rp15,09 triliun, kemudian dalam RAPBN-P 2010 bersama dengan Komisi VII DPR ditetapkan besaran PNBP-P menjadi Rp15,20 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh menerangkan jika DPR menyetujui ke depannya PNBP subsektor ini perlu optimalisasi, tambahan penerimaan tersebut dapat direalokasikan ke sektor ESDM, sehingga dapat meningkatkan kinerja di ESDM.

“Barangkali dana PNBP ini perlu direalokasikan kembali ke ESDM. Karena dana PNBP ini didapat dari hasil kerja keras di sektor ESDM dalam melakukan program penghematan seperti dari program konversi mitan ke LPG, program konversi energi di PLN,” kata Darwin.

Adapun total dana PNBP dari ESDM sekitar RP3,1 triliun dari optimaliasi yang dilakukan di sektor ESDM. Besaran PNBP ini didapat dari program konversi mitan oleh Pertamina, serta program konversi dari PLN.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.