Saturday, March 25, 2017

Asumsi Harga Minyak akan Diubah

February 20, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Pemerintah akan mengubah asumsi harga minyak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2010. Harga minyak akan diubah dari US$65 menjadi US$77 per barel.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan perubahan tersebut berdasarkan perkembangan dan prospek terkini mengenai pemulihan ekonomi dunia. “Dulu kan over shoot ke angka US$80 (per barel) itu terlalu cepat. Dari US$70 per barel tiba-tiba ke US$80. Jadi yang US$77 itu agak tepat dan tidak terlalu tinggi over shoot. Tapi juga cukup tinggi untuk bisa mengcapture perubahan harga minyak,” jelas Menkeu, Jumat (19/2).

Saat ini, posisi harga minyak dunia berada dalam posisi US79,06 per barel. Harga tersebut merupakan posisi tertinggi dalam satu bulan terakhir. Dari awal tahun 2010 ini, posisi harga minyak berada dalam kisaran US$74 per barel.

Dengan asumsi rupiah yang tidak berubah yaitu Rp9.500, maka inflasi akan berubah dari 5 persen menjadi 5,7 persen. “Maksimalnya 6 persen,” ujar Sri Mulyani. Sementara untuk Suku Bunga Bank Indonesia 3 bulan diperkirakan akan mencapai 7 persen dari posisi awal hanya 6,5 persen.

Dengan adanya perubahan asumsi minyak tersebut, lanjut Menkeu, akan berimbas juga kepada penerimaan negara. Diperkirakan akan berpengaruh sekitar Rp9 triliun terhadap penerimaan negara. “Itu dari harga minyak dan dari perubhan kurs itu terhadap inflasi,” katanya.

Pengajuan APBN-P 2010 kepada dewan diperkirakan akan dilakukan pada April nanti atau setelah reses DPR RI. Untuk pertumbuhan ekonomi, pemerintah mengaku tidak melakukan perubahan. Hal ini masih dalam upaya mengantisipasi rentanya perbaikan ekonomi dunia setelah mengalami krisis di sepanjang tahun 2008 dan 2009.

Media Indonesia
Ririn Radiawati Kusumua

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.