Thursday, March 30, 2017

Asosiasi Perusahaan Pengguna Gas SUMUT tolak pemberlakuan bank garansi

July 7, 2010 by  
Filed under BBG

Asosiasi Perusahaan Pengguna Gas Sumatra Utara (APPGSU) menolak pemberlakuan bank garansi dan pengenaan surcharge 200% yang dikenakan PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Ketua Umum APPGSU Johan Brien menegaskan 19 perusahan di Medan menjadi pelanggan PGN selama ini mengeluhkan pasok gas yang tidak pernah normal dan selalu kurang. “Sekarang muncul lagi aturan para pelanggan pengguna gas diwajibkan menyetorkan bank garansi, dan kalau menggunakan gas lebih dari ketentuan dikenakan surcharge 200%,” ujarnya menjawab Bisnis di Medan hari ini.

APPGSU sudah dua kali melakukan pertemuan dengan PT PGN Sumut, tetapi tidak ada penyelesaian dan jalan keluar yang bisa membantu para pengusaha yang menjadi pelanggan PGN. Kalau sebuah perusahaan memakai gas, misalnya sekitar 3 MMBTU per bulan, paling tidak harus menyediakan dana untuk mendapatkan bank garansi sekitar Rp5 miliar sampai Rp10 miliar.

Pada pertemuan kedua pekan lalu, paparnya, jajaran manajemen PGN Sumut hanya memberikan kelonggaran waktu dengan menunda pemerlakuan bank garansi sampai Oktober 2010. “Ketentuan tersebut tetap kami tolak, karena APPGSU menginginkan agar bank garansi dan surcharge dihapuskan.”

Sementara itu, Sekretaris Apindo Sumut Laksama Adyaksa menambahkan masalah pasok gas ke Sumut sudah menahun dan sampai saat ini tidak ada solusi yang diberikan PGN dan pemerintah. “Kami sudah bosan untuk bertemu dengan jajaran manajemen PGN di Medan. Namun tidak pernah menghasilkan jalan keluar yang saling menguntungkan. Malahan, aturan demi aturan yang memberatkan pengguna gas selalu digulirkan,” tuturnya.

Sementara itu, PT PGN Wilayah Sumbagut ketika dikonfirmasi tidak mau memberikan tanggapan dengan alasan bukan wewenang mereka untuk menjelaskan mengenai bank garansi “Mengenai itu [bank garansi] dan surcharge sebaiknya ditanyakan ke PGN Pusat saja. Kami tidak boleh memberikan keterangan sembarangan,” ujar seorang staf pemasaran PGN Wilayah Sumut.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.