Saturday, May 27, 2017

Asahan III Solusi Listrik Sumut

May 15, 2010 by  
Filed under Hydro Power

RENCANA PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Asahan III hingga kini masih terkendala izin dari Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Syamsul Arifin. Padahal, peletakan baru pertama akan dilaksanakan hari ini.

PLN sudah mendapatkan mandat untuk membangun proyek ini berdasarkan hasil rapat dengan Wakil Presiden, Menteri ESDM, Menteri BUMN yang juga dihadiri Gubernur Sumut Syamsul Arifin, pada 8 Januari lalu.Jika proyek ini terealisasi, pasokan listrik 2×87 megawatt (Mw) ini akan menjamin pasokan listrik wilayah Sumut serta memenutii peningka-tan kebutuhan listrik dari pelanggan baru PLN. “Silakan saja kalau pemerintah daerah tidak memberi atau menunda pemberian izin lokasi untuk 2-3 tahun ke depan. Konsekuensinya biarpet listrik di Sumut akan kembali terjadi,” ujar Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di Medan, kemarin.

Menurut Dahlan, dalam jangka waktu itu, penaikan konsumsi listrik masyarakat-Sumut mencapai 107%. Saat ini daya mampu pembangkit di Sumut sebesar 1.233 Mw, sedangkan beban puncaknya 1.063 Mw. Dahlan memang bersikeras untuk mengembangkan proyek Asahan III karena sudah memenuhi semua syarat pe-ngembangan proyek tersebut secara maksimal.

PLN telah mengeluarkan dana Rp lOO miliar untuk mendesain serta mencari lokasi dan pendanaan hingga ke tingkat antarnegara (G to C). Kita sudah dapat komitmen pendanaan dari Japan International Cooperation Agency (JICA).” Pendanaan proyek ini akandibiayai dari pinjaman US$420 juta dengan jangka waktu 40 tahun dan bunga 0,7% per tahun. “Kalau kita mulai hari ini, tiga tahun lagi (2013) sudah selesai dan beroperasi,” jelasnya.

Rencananya bulan depan PLN segera membuka tender rekayasa, pengadaan dan konstruksi (engineering procurement contruction / EPC), secara terbuka. Selain proyek Asahan I, aliran Sungai Asahan yang berhulu di Danau Toba ini juga menjadi sumber tenaga 2 proyek PLTA Asahan II (PLTA Tangga dan Sigura-Gura berkapasitas 4×70 Mw) yang dikelola PT Inalum. Proyek ini habis masa kontraknya pada 2012.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.