Wednesday, July 26, 2017

Arifin Panigoro dapat gelar perekayasa utama

October 1, 2010 by  
Filed under Featured

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) hari ini menganugerahkan gelar Perekayasa Utama Kehormatan (PUK) 2010 bidang energi kepada Arifin Panigoro.

Pengusaha dan pendiri PT Medco Energi International Tbk ini dinilai sebagai engineer dan enterpreneur, sekaligus inovator sukses tidak hanya di bidang perminyakan dan energi terbarukan, melainkan juga merambah hingga bidang pangan.

“Dia dianggap sebagai panutan karena jasanya dan dedikasinya dalam mengembangkan kerekayasaan teknologi,” kata Marzan Aziz Iskandar, Kepala BPPT, hari ini di Jakarta.

Marzan mengatakan gelar PUK ini diberikan untuk lebih memacu para pelaku inovasi teknilogi untuk terus berkarya dan berinovasi, serta sebgai bentuk penghargaan atas hasil karya inovasi yang telah diciptakan, dan membawa kemanfaatan luas bagi masyarakat.

“Penghargaan PUK ini diberikan kepada individu baik dari masyarakat Indonesia maupun internasional, yang telah berjasa besar dalam mengembangkan kegiatan teknologi kerekayasaan di Indonesia,” ungkap Marzan.

Untuk mendapatkan gelar PUK tahun ini, pria kelahiran Bandung, 14 Maret 1945 itu melalui proses seleksi penilaian oleh Majelis Perekayasaan, dan berhasil menyisihkan sebanyak 32 calon penerima PUK lain yang diusulkan oleh instansi pemerintah, swasta, asosiasi profesi dan industri.

Kepala BPPT menuturkan Arifin dinilai mampu memenuhi persyaratan penilaian calon penerima PUK. Syarat itu, di antaranya dikenal masyarakat luas, konsisten di bidangnya, tokoh/panutan masyarakat pada bidang kerekayasaan teknologi, dan menghasilkan sejumlah karya kerekayasaan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.