Saturday, March 25, 2017

APBI: Produksi batu bara bisa capai 320 juta ton

May 24, 2010 by  
Filed under Coal

Asosiasi Pengusaha Batu bara Indonesia (APBI) meyakini produksi batu bara nasional tahun ini bisa mencapai lebih dari 320 juta ton, naik sebesar 20 juta ton dibandingkan dengan realisasi tahun lalu sebesar 300 juta ton.

Padahal, pemerintah hanya memprediksi produksi batu bara tahun ini sebesar 262,48 juta ton yang tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No 1604 K/30/MEM/2010 tentang Penetapan Kebutuhan dan Persentase Minimal Penjualan Batu bara Untuk Kepentingan Dalam Negeri 2010 yang ditetapkan pada 19 April 2010.

Perkiraan produksi batu bara oleh pemerintah sebesar 262,48 juta ton tersebut akan dipenuhi dari komitmen 36 perusahaan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B), 1 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan 6 perusahaan kuasa pertambangan (KP) dan atau lzin Usaha Pertambangan (IUP) batu bara.

Ketua Umum APBI Bob Kamandanu mengungkapkan pangsa pasar dan harga batu bara di dunia internasional diperkirakan masih tetap baik dalam beberapa tahun ke depan, sehingga menarik minat pengusaha untuk mengembangkannya.

“Dalam catatan APBI, produksi batu bara pada dua bulan pertama tahun ini [Januari-Februari] sudah mencapai 59 juta ton. Itu artinya, rerata per bulan mencapai 30 juta ton,” ujarnya acara Indonesia Mining Updates 2010 hari ini.

APBI, lanjutnya, yakni angka produksi 320 juta ton pada tahun ini akan tercapai karena penurunan produksi diperkirakan hanya terjadi mendekati Desember. “Tahun lalu saja, produksi sudah mencapai 300 juta ton.”

Dia tidak menepis perbedaan perhitungan produksi batu bara yang tercatat oleh APBI dan pemerintah, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pasalnya, lanjutnya, APBI menghitung besaran produksi batu bara dari seluruh perusahaan tambang batu bara yang ada, baik yang terdaftar di pemerintah pusat dan daerah atau hanya di pemerintah daerah saja.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.