Saturday, May 27, 2017

Anggaran sosialisasi elpiji 3 kg akan naik

July 25, 2010 by  
Filed under BBG

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis dana anggaran sosialisasi program konversi elpiji 3 Kg akan segera cair sehingga sosialisasi penggunaan elpiji yang aman bisa lebih ditingkatkan.
Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan bila sebelumnya dana penghematan subsidi minyak tanah ke elpiji digunakan untuk sebagian paket elpiji, ke depannya akan lebih banyak dimanfaatkan untuk sosialisasi penggunaan elpiji yang aman.
“Ada upaya [pemerintah]. Saya kira bukan berbicara dengan Menkeu [Menteri Keuangan], artinya saya optimistis pemerintah ke depannya akan merasa perlu meningkatkan sosialisasi cara menggunakan, memasak aman dengan kompor gas. Saya optimis,” kata dia di Kementerian ESDM, hari ini.
Menurut dia, pada 2009 pemerintah telah melewati masa kritis menyangkut program konversi minyak tanah ke elpiji. Bahkan, dia menambahkan, dari 50 juta paket elpiji yang disiapkan, sudah mencapai 44 juta paket yang digelontorkan kepada masyarakat.
“Jadi sudah hampir selesai, mungkin sudah 83%. Sudah pada waktunya untuk pemerintah lebih mensosialisasikan. Misalnya, wakil rakyat kemarin ada yang mengusulkan agar ada bunyi kalau terjadi kebocoran, selain ada bau menyengat,” tutur Darwin. Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VII DPR RI beberapa hari lalu,
Darwin mengungkapkan pencairan anggaran sosialiasi elpiji 3 kg pada 2010 tersebut masih terkendala masalah teknis. “Tahun ini sosialiasi harus terus berjalan, sementara untuk 2010 ini ada permasalahan teknis dalam pencairan anggaran sosialiasi ESDM,” kata Darwin.
Di sisi lain, Anggota Komisi VII DPR RI Dewi Aryani Hilman mengatakan anggaran sosialiasi program konversi elpiji 3 kg tersebut seharusnya tidak diambil dari kas Pertamina mengingat perusahaan itu merupakan korporat. Menurut dia, masalah teknis pencairan anggaran sosialiasi di Kementerian ESDM seharusnya segera dikonfirmasikan kepada Kementerian Keuangan.
“Kurang tepat kalau budget [sosialisasi] diambil dari Pertamina yang korporasi. Seharusnya Kementerian Keuangan juga ditanya. Jangan sampai kesalahan di ESDM karena uangnya yang tidak cair-cair,” kata dia

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.