Friday, May 26, 2017

Anak Usaha Pertamina Terlalu Banyak

March 15, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina (Persero) dinilai terlalu banyak memiliki anak dan cucu usaha. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) minyak itu sebaiknya melepas atau melebur anak dan cucu usaha yang sudah tidak produktif sesuai arahan Menteri BUMN Mustafa Abubakar.

“Sebaiknya pemerintah melebur seluruh anak perusahaan pertamina kedalam satu perusahaan, tidak seperti saat ini yang terlalu banyak anak dan cucu perusahaannya,” Direktur Puskepi Sofyano Zakaria dalam pesan elektronik yang diterima detikFinance, Sabtu (13/3/2010).

Ia mengatakan, anak usaha yang seharusnya dilepas atau digabungkan dengan anak usaha lainnya adalah anak usaha yang membukukan rugi selama 3 tahun terakhir.

“Kalau dibuktikan rugi selama 3 tahun terakhir maka sebaiknya dijual atau dilebur, agar terjadi efisiensi dan mudah dalam pengawasan,” tambahnya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN sudah meminta seluruh perusahaan pelat merah melepas seluruh cucu usahanya. BUMN hanya boleh memiliki anak usaha saja. Menurut Menteri BUMN Mustafa Abubakar, sekarang ini anak usaha BUMN berkembang lebih cepat dan membentuk banyak cucu usaha sehingga sulit untuk dikendalikan.

Kementerian BUMN juga meminta perusahaan pelat merah melakukan audit terhadap seluruh anak dan cucu perusahaannya. Nantinya, anak atau cucu usaha yang sudah tidak menghasilkan diminta untuk dilepas saja.

Saat ini jumlah anak usaha BUMN mencapai sekitar 600 perusahaan, belum termasuk cucu perusahaan. Dengan jumlah yang cukup besar ini, menurut Mustafa akan menjadi kesulitan bagi BUMN untuk mengawasi semuanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.