Thursday, March 30, 2017

Alokasi gas Donggi-Senoro belum diputuskan

March 11, 2010 by  
Filed under BBG

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan pemerintah belum memutuskan dan masih mengkaji rencana penetapan alokasi gas yang diproduksi dari lapangan Donggi-Senoro.

“Setahu saya belum ada keputusan pemerintah soal alokasi gas Donggi Senoro. Yang jelas, pemerintah sedang mempertimbangkan dengan cermat dan hati-hati sebelum memutuskannya,” ujarnya malam ini.

Meskipun alokasi gas menjadi faktor utama yang menentukan kelanjutan proyek, dia menegaskan pemerintah tetap berkomitmen untuk memprioritaskan hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, sesuai dengan kewajiban pasok dalam negeri (domestic market obligation/DMO).

Seperti yang disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, jelas Darwin, pemerintah tetap mengedepankan prinsip pemenuhan kebutuhan gas dalam negeri.

Namun, dia menambahkan, di sisi lain pemerintah juga mempertimbangkan aspek keekonomian dan teknologi proyek secara matang sehingga pengembangan proyek Donggi Senoro bisa segera berjalan.

“Proyek ini kan pernah selama 25 tahun lebih berlatur-larut dan tidak jalan juga. Sekarang, pemerintah akan mempertimbangkan masak-masak, bagaimana bisa segera berjalan,” tutur Darwin.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Evita Herawati Legowo mengkhawatirkan proyek Donggi-Senoro akan tertunda dari jadwal semula yaitu kuartal II/2013, jika pemerintah tidak segera mengeluarkan keputusan soal alokasi gas paling lambat Februari 2010.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.