Tuesday, January 17, 2017

Agus Martowardojo diharapkan benahi persoalan migas

May 22, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Menteri Keuangan yang baru Agus Martowardojo diharapkan bisa menyelesaikan persoalan di sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM), terutama menyangkut iklim investasi yang sehat.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Herman Afif Kusumo mengungkapkan sektor energi dan sumber daya mineral merupakan salah satu sumber utama yang memberikan bantuan kongrit terhadap pembangunan, sehingga diperlukan kebijaksanaan dalam meningkatkan investasi.

“Investor harus diberikan waktu untuk berdialog yang intens dengan pemerintah guna mencapai titik temu dalam menyelesaikan persoalan yang ada. Sebelum Bu Ani [Sri Mulyani Indrawati] mengundurkan diri, beliau sudah komit ke Kadin untuk menetapkan stafnya guna membahas kasus per kasus dari berbagai persoalan yang ada di sektor ESDM. Mudah-mudahan saja itikad baik ini dilanjutkan oleh penggantinya,” kata dia, hari ini.

Herman tidak memungkiri menkeu merupakan jabatan politik. Namun, tegas dia, tetap harus diisi oleh orang-orang yang berbasis professional. Artinya, persoalan yang berbasis politik harus bisa dihadapi secara politik, tetapi yang berbasis struktural dibicarakan secara professional.

Menurut dia, Menkeu sebelumnya telah menyepakati beberapa ketentuan yang diharapkan bisa memperbaiki iklim investasi di sektor ESDM, seperti joint task force, kebijakan fiskal untuk minyak dan gas bumi, serta ketentuan pertambangan umum.

“Saya berharap pengganti Bu Ani itu, orangnya memang tegas. Kelebihannya Pa Agus Martowardojo itu, dia orangnya gaul karena orang swasta dan dari dunia usaha. Semoga beliau lebih wise dan mengerti keberadaanya sebagai seseorang menteri yang ditunjuk presiden sebagai pengisi jabatan politik.”

Kadin, lanjut dia, akan memberikan apresiasi bila menkeu baru bersikap tegas dan tidak bisa diajak kompromi oleh pihak lain untuk kebenaran yang memang sudah disepakati bersama. “Untuk hal-hal yang dianggap kerja sama berkeadilan, saya minta dia [menkeu baru] tidak hanya asal berbicara tegas saja, tetapi juga harus mengerti bahwa investor membutuhkan kenyamanan dan keamanan berinvestasi. Tentunya harus diatur dalam satu aturan sehingga friendly for investor, tanpa meninggalkan kedaulatan dan kemanfaatan pendapatan negara ini,” kata Herman.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.