Friday, May 26, 2017

Agung: Tindak tegas pengoplos gas elpiji 3 kg

July 14, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Menko Kesra Agung Laksono mengharapkan pihak kepolisian menindak tegas pelaku pengoplosan gas kemasan 3 kg ke tabung 12 kg dan 50 kg, karena selain membahayakan juga bisa merugikan negara.

Agung Laksono mengatakan terkait peristiwa sejumlah ledakan tabung gas elpiji di berbagai lokasi di Indonesia, di samping mengawasi kelayakan selang dan regulator, juga memonitor praktik pengoplosan.

“Kepolisian harus memindak tegas karena oplosan disamping membahayakan kemungkinan terjadi ledakan, juga merugikan keuangan negara,” kata Agung pada pers di Istana Presiden hari ini.

Pemerintah, jelasnya, mendapatkan informasi sekarang ini pengoplos yang dinilai melakukan pencurian itu, melakukan praktiknya dengan cara memindahkan elpiji kemasan 3 kg ke 12 kg.

Seperti diketahui kebocoran regulator dan selang yang disebabkan oleh pengoplosan elpiji kemasan 3 kg ke tabung 12 kg dan 50 kg diyakini menjadi penyebab utama kecelakaan program konversi yang telah didistribusikan pada masyarakat sejak 2007.

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ito Sumardi mengungkapkan hasil analisis oleh tim monitoring dan pendampingan elpiji yang menyimpulkan penyebab utama kecelakaan elpiji adalah kebocoran regulator dan selang.

Ditemukan gas elpiji 3 kg dimasukkan ke tabung 12 kg dan 50 kg, tetapi volumenya dikurangi. Setelah itu, elpiji yang dipindahkan dengan cara penyuntikan kemudian disegel. Namun, cara penyuntikan ini telah merusak struktur di peralatan yang menyebabkan terjadinya kecelakaan atau kebocoran gas

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.